Sponge Cake Coklat

Wednesday, November 18, 2009

Gambar cake yang ada di bawah ini berbahan dasar sponge cake coklat. Ada yg dihias dengan whippedcream, dengan ganache, atau dengan buttercream. Fillingnya tetap ganache coklat ala rina rinso.

Kalau ada yg bertanya aku pakai resep apa, aku jawab resep favoritku adalah sponge cake-nya Yongki.




Sponge cake coklat jenis ini langsung menjadi favoritku saat icip-icip pertama kali di acara tour de toko milis NCC th 2005-an. Selain rasa coklat bisa juga diganti jadi rasa lain seperti vanila, jeruk, strawberry, mocca, pandan dan rasa lain yang gak pernah bisa aku bayangkan.

Tekstur cake-nya lembut dan ringan tapi gak seret di kerongkongan adalah salah satu alasan aku menjadikan cake ini sebagai cake dasar. Tanpa simple sirup rasa cake ini udah jempol deh.

Resepnya juga awalnya dapat dari mbak Fatmah di milis dengan nama cake dasar coklat yang didapat dari Yongki (jauh sebelum ada tour de toko). Ada sedikit sekali bahan yang aku ganti atau hilangkan karena disesuaikan dengan seleraku. Resep aslinya sendiri sudah aku ketik dan ada di sini.

Selamat mencoba dan kalau sukses kirim aku sepotong cake ya ;)



Sponge Cake Coklat ala rina rinso

Bahan :
180 gr gula pasir
7 butir telur antero (kurang lebih 350 gr)
8 butir kuning telur
1 sdt penuh emulsifier

Diayak jadi 1 :
100 gr terigu (segitiga biru atau kunci biru)
26 gr maizena
26 gr coklat bubuk

Campur jadi 1 :
170 gr mentega atau margarin atau gabungan keduanya, dicairkan
1 sdm susu kental manis

Cara membuat :
1. Panaskan oven. Siapkan 2 loyang 24 x 24 x 4, olesi dengan carlo dan lapisi dengan kertas roti kemudian oles sekali lagi dengan carlo
2. Kocok dengan mikser gula dan telur. Setelah berbusa masukkan emulsifier. Kocok kembali hingga adonan putih, kental, dan berjejak (kalau mikser dijalankan akan meninggalkan jejak, artinya adonan sudah kental).
3. Masukkan bahan kering yg sudah di ayak ke dalam adonan telur. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk balik.
4. Setelah adonan kering tercampur rata, selanjutnya masukkan campuran mentega/margarine dengan susu kental manis ke dalam adonan. Masukkan seidkit demi sedikit sambil diaduk balik.
5. Setelah adonan tercampur rata masukkan ke dalam loyang.
6. Panggang dengan suhu 180 derajat celsius (ingat..kenali oven dengan baik, bisa jadi di ovan anda kurang atau lebih dari segitu suhu yg diperlukan) selama kurang lebih 25 menit.
7. Setelah di tes tusuk dan matang, cake siap di hias, atau dipotong-potong dan dimakan sudah enak kok.


keterangan :

antero : maksudnya whole, kuning dan putih telur digunakan.

mentega : atau butter, misalnya anchor, orchid, elle and vire, dll, bahan dasarnya susu

margarin : misalnya blueband, forvita, filma, dll bahan dasarnya tumbuh-tumbuhan

emulsifier : bahan membentuk emulsi dalam adonan ini, supaya adonan bisa tercampur jadi 1 dan kental. contohnya adalah ovalet, sp28, tbm. starkies, dll.

carlo : pengoles loyang, bentuknya cair dan putih seperti susu kental, sebagai pengganti lemak untuk mengoles loyang. selain carlo ada merek lain kalau gak salah palmia.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino