membuat coklat lolipop dengan edible image

Wednesday, April 1, 2009

Dapat dilihat cara membuat coklat lolipop dengan Chocolate Transparence Transprint atau coklat transfer sheet di link baru ini.


Untuk membuat coklat lolipop dengan edible image yang diperlukan adalah :



1. coklat putih, atau coklat yg sudah berwarna dan ada rasanya



2. kantong segitiga atau piping bag




3. cetakan coklat lolipop mr. smiley

4. edible image ukuran diameter 3 cm atau lebih kecil (misalnya 2,7 cm)





6. stik dan pembungkus permen coklat lolipop


Cara Membuat :




1. masukkan edible image ke dalam cetakan mr. smiley




2. potong-potong coklat, kemudian panaskan hingga coklat mencair, kemudian masukkan ke dalam kantong segitiga. Atau bisa juga dengan cara sesat ala rina rinso - masukkan potongan coklat ke dalam kantong plastik segitiga kemudian panaskan dengan microwave.


3. tuangkan coklat cair ke dalam cetakan coklat, kali ini aku buat 2 warna jadi cetakan coklat hanya di isi setengahnya aja.



4. setelah coklat agak mengeras segera tuang kembali coklat dengan warna yg lain hingga cetakan coklat penuh. sisipkan stik coklat lolipop. supaya stik-nya tidak melorot sebaiknya diganjal dengan sesuatu, misalnya buku, untuk menahan supaya stik tetap bisa pada posisinya.


5. bila posisi stik sudah mantap, segera pindahkan coklat ke dalam lemari es selama 10 - 15 menit. kemudian keluarkan coklat dari cetakan. kalau coklat masih susah untuk dikeluarkan dari cetakan artinya coklat belum sepenuhnya keras, masukkan kembali ke dalam lemari es dan bekukuan sampai coklat bisa dikeluarkan dari cetakan dengan mudah.

6. coklat lolipop dimasukkan ke dalam plastik pembungkus dan jadilah souvenir coklat yang unik dan cantik.


Kalau ingin coklat lolipop dengan edible dengan hasil yang lebih bagus dan lebih halus, bisa dicoba menggunakan coklat transfer sheet. Sebagai informasi, edible image yang digunakan dalam step by step pembuatan ini adalah tipe sugar sheet. Sugar sheet biasanya digunakan dalam pembuatan cake atau cupcake dengan edible image. Sugar sheet digunakan untuk coklat lolipop memang tidak ada salahnya, tetapi dengan coklat transfer sheet hasilnya menurutku lebih bagus.

Untuk cara pembuatannya, coklat lolipop dengan coklat transfer sheet tidak berbeda jauh dengan sugar sheet. Untuk jelasnya bisa di lihat di link ini.

Selamat mencoba.

24 comments:

Kue Ratu said...

Waah baru tau nih, alhamdulillah aku jg kepikiran gini tp gak masukin plastik segitiga, langsung aku cairkan di mangkuk. Alhamdulillah jadinya, mana ini dadakan yg mesenya ga tanggung2 200 buah... Alloh selalu memudahkan klo kita tawakal.

Chemistry.Odiary said...

ALLO mba Rina...ketemu lagi. btw dapur barunya lebih keren yach?!! Selamat.
thx4the info, nah aku mo tny lagi nih, beli edible imagenya dimana???trus stik yg warna-warni tuh cute jg slama ini aku cuma pake yg putih aja.
aku tunggu ya mba.....

Mrs. Capriady said...

mba rina....iya kalau mau beli pewarna coklat atau coklat yang sudah diwarnai itu dimana ya?

Unknown said...

dearest mbak rina, salam kenal...mbak boleh tau nggak beli perlengkapan membuat coklat lolipop atau pralin yang lengkap dimana ya? yang menjual coklat warna-warni, pewarna coklat, cetakan, stik lolipop warna-warni, plastik pembungkus, kotak coklat pralin...pokoknya segala yang berhubungan dengan olahan coklat di jakarta ini dimana ya? kl bisa sih yang harganya agak miring....terima kasih mbak, semoga makin kreatif...
harap email ke anachan_lovely@yahoo.com

rosse said...

kalau bikin permen RAIBOW SWIRLY LOLLIPOP yg bukan dari coklat,,yg hard candy bisa nggak kak???

Rina Rinso said...

Hiks maaf ya aku baru bukan komen ternyata banyak yang mau ditanyakan ya.

Untuk sistematisnya langsung aku jawab aja ya.

1. edible-nya aku pesan ke temanku yg menerima pesanan edible. nomernya 7764268 dengan ibu Uning/mbak Uning.

2. stik warna-warni aku beli di toko Ani di jl. gunung sahari I/3 jakarta.

3. coklat yang ada warna dan rasanya sekarang banyak di supermarket, mereknya Collata. kalau di toko bahan kue ada juga yg mereknya mercolade.

4. Untuk Ana, yang aku tahu di toko Ani jl. gunung sahari lengkap kok.

5. Untuk rosse : kalau hard candy agak susah bikinnya karena mesti mencairkan gula trus lebih ribet juga, jadi maaf aku gak bisa menjawab.

Mira Marliani said...

Mba....coklatnya pake merk apa sih??? Kalo collata warna warnanya terlalu ngejreng....

Mira Marliani said...

stick nya itu berat yah??? aku cari stick yg ky buat permen yang tengahnya bolong di jkt ko ga nemu2 ya mba...

Rina Rinso said...

@ Mira : coklat stik yg tengahnya bolong itu yg warna-warni seperti yg aku pakai di atas.
kalau warna, bisa pilih mewarnai sendiri ( caranya pernah aku posting di http://dapurnyarina.blog.com/2005/08/03/coklat-bunga/
pewarna yg halal adalah Trans, tapi kalau tidak kepentok dengan halal/tidaknya bahan bisa menggunakan pewarna Wilton.

Anonymous said...

mbak,..kalo boleh tau, cara bikin edible image itu gmn y? printernya mesti khusus g? sy pgn banget bs bikin mbak, buat hadiah ultah si kecil..di tmpt sy ( tasikmalaya ) blm ada. tx y

nickone said...

Satu informasi menarik.Aku nanti coba..tq

Cheryl's Cake said...

mbak... ajarin caranya bikin bola dari coklat dong... yang ada motif segilimanya... beli cetakannya dimana... trus warna hitamnya pake pewarna apa. Ada yang bilang pake dcc tp apakah kurang hitam nanti warnanya.. tks...

trini nuresa said...

waaahh kakak lucu ya coklat loliponya :) aku harus coba nih di rumah hihihih

Anonymous said...

Mba, makasih ya dah berbagi info kreasi coklat.
saya kan Suplier Cocoa Powder (Bubuk Coklat), kira2 mba Rina info untuk yang membutuhkan Cocoa Powder?
Thanks B4 ya mba...sukses dan terus berkreasi,mba Rina...

Anonymous said...

mba kalo edible image bikinnya gmna yah?hrs punya printer khusus,trus kertasnya pake apa yah?thx

Asbi Vai said...

coba comment buat om Anonymouse ah....>>>
Klo printer khusus emang ada....
tapi yg saya tau langsung di print di coklat ny...
bisa liat di toko kue coklat buat ultah yg pke foto, dll...
yg pastiny make image pixel....

kalo saran ane nih buat om anonymouse
mending pake "Coklat Transfer Sheet"....
itu seperti stiker tato anak2 yg bisa memindahkan image ke objek lain...

salam Anonymouse Indonesia.

AMI GDC said...

Hallo mbak rina saya mau tanya nih dimana saya dapat belajar cara membuat lolipop dan aneka kreasi coklat untuk membantu penghasilan keluarga, selama ini saya ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu percuma jadi saya kepingin mencoba mencari peluang usaha sukur sukur" bisa maju bantu saya ya mbak rina

Nature said...

Hy mb rina, sy kesulitan untuk plastiknya itu beli dimana ya mb??

fikri sulthoni said...

mbak, cara pesan coklat berwarnanya gimana ?

Rina Rinso said...

@fikri sulthoni : cokelat warna bisa dibeli di toko bahan kue. utk info yg lain bisa email aja ya ke rina.rinso@gmail.com

my artikel said...

kl mau beli cetakan'y d mana y..

Tuty said...

Allo mba ..bs infokan dmn beli cetakannya..d bdg sy cr d toko ny.liem jg kosong ni

Rina Rinso said...

@Tuty sepertinya ada di toko Mira di Depok mbak

cetakancokelat.com said...

Tutorialnya sangat membantu para pemula :)

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino