Kastengel Renyah

Sunday, July 31, 2011



Aku tahu kenapa ada orang yang menyebut keju edam sebagai keju bola, karena bentuknya memang bundar seperti bola :)

Keju Edam pada umumnya digunakan untuk membuat kastengel, seperti yang aku lakukan.

Apabila tahun yang lalu aku membuat kastengel dan kue kering keju lainnya dengan keju parmesan, maka tahun ini aku coba dengan menggunakan keju edam.

Resep kastengel ini aku ambil dari arsip resep lama, dari majalah Sedap Sekejap, tapi aku gak pakai maizena dan baking podwer.

Untuk jelasnya ini lho resepnya, semoga bermanfaat.

Kastengel

Bahan :

125 gr mentega/butter
2 kuning telur
175 gr cake flour
100 gr keju edam parut

50 gr kaju cheddar larut untuk hiasan
1 kuning telur untuk hiasan.

Cara membuat :

1. Campur dan aduk mentega dan kuning telur hingga rata.
2. Setelah tercampur rata masukkan keju edam, aduk hingga rata.
3. Setelah itu masukkan terigu, aduk hingga bisa dipulung.
4. Giling dan cetak.
5. Olesi dengan kuning telur, taburi dengan keju cheddar, panggang suhu 150 derajat celsius selama 20 menit (atau tergantung oven masing-masing).


Hasilnya kastengel yang ringan, renyah dan enak. Gak terlalu asin dibandingkan dengan resep lain.


Keterangan :

cake flour : tepung dengan protein rendah, lebih rendah daripada kunci biru
edam parut : aku parut halus, sehingga hasilnya seperti bubuk.



4 comments:

Unknown said...

mau tanya yg bikin kastangel bisa renyah itu apa ya mbak? apa komposisi mentega yg tdk pas bisa membuat kastangel tdk renyah? trm ksh.

Rina Rinso said...

banyak faktor mbak, selain komposisi kurang pas bisa juga saat meng-oven masih kurang, trus keju juga bisa berpengaruh.

Unknown said...

Merk APA tepungnya protein rendah dibawah kunci biru

Unknown said...

Merk APA tepungnya protein rendah dibawah kunci biru

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino