Rumus Mudah ala Ayah

Friday, July 24, 2009

Sebagai bakul kue amatir, membuat kue menjadi suatu keharusan hehehe ya iyalah.

Dulu saat baru belajar bikin kue, setiap ada resep aku selalu berusah mencontek plek apa yang ditulis di resep. Misalnya kalau di resep tertulis ukuran loyang 23 x 23 x 4 padahal aku cuma punya loyang ukuran 20 x 20 x 4 maka aku akan berusaha mencari dan mebeli loyang yang sesuai dengan resep.

Makin lama aku makin tahu kalau sebetulnya bisa diakali. Lha kalau ada yg mau pesen cake ukuran 40 x 40 masa aku tolak karena resepnya hanya untuk cake ukuran 30 x 30....gak mungkin kan.

Cara yg mudah adalah membuat perbandingan.

Misalnya di resep tertulis untuk ukuran 24 x 24 x 4 sedangkan loyang yang ada di rumah ukuran 20 x 20 x 4.

Pilihannya :

1. beli loyang baru (seperti aku dulu hehehehe)
2. tetap menggunakan resep alsi tapi sedia papercup atau cetakan muffin karena sudah pasti adonan akan melebihi loyang karena ukuran loyang kita lebih kecil.
3. sedikit berhitung.

Solusi 1 dan 2 sudah sama jawabannya. Nah solusi nomer 3 caranya begini.

1. tentukan volume atau isi loyang di resep dengan loyang kita.
2. buat perbandingan.

Contohnya :

volume loyang di resep adalah 24 x 24 x 4 = 2304
volume loyang punya kita adalah 20 x 20 x 4 = 1600.

perbandingannya adalah :

2304 : 1 (resep) = 1600 : x (adonan yg akan kita buat)
x = 1600/2304
x = 0.6944

Kemudian dengan perbandingan itu semua bahan di resep di kali dengan 0.6944

Misalnya :

100 gr terigu (resep asli) maka kita buat adonan sebanyak 69.4 gr terigu (atau bisa dibulatkan jadi 70 gr).

dan begitu seterusnya.

Nah kalau dari loyang bulat ke kotak atau sebaliknya bagaimana ?
Ya sama aja prinsipnya, bandingkan volume antara resep asli dengan resep yang disesuaikan dengan kemauan atau loyang atau ukuran cake. Cuma untuk volume loyang bulat malah lebih gampang menghitungnya PIZZA. Yup, kemarin aku diajarin sama suamiku itu kalau rumus volume loyang bulat itu adalah PIZZA

Pi = nilai phi yaitu 3.14
Z = zari-zari atau jari-jari (setengah dari diameter, pasti dah tahu kan)
A = tinggi loyang

Jadi kalau loyang bulat diameter 24 cm dan tingginya 7 cm maka volume-nya adalah
3.14 x 12 x 12 x 7 = 3165.12

Nah semoga hitung-hitungan ini bisa bermanfaat.

1 comments:

NURUL KOMARIYAH said...

Wah....terima kasih banyak nih tips ya, jadi gak bingung lagi sekarang

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino