Chicken Egg Roll

Monday, February 29, 2016

Aku memdapat resep ini dari tangan pertama, Molly, sekitar 11-12 tahun yg lalu.
Ketemuan di lapangan di daerah Geger Kalong sambil mendatangi kajian.
Alasannya, karena Nadya kecil suka makan di HHB Dan Molly punya resep dari hasil kursus di Bandung.
Resep di posting di milis Dapur Bunda, dannnnn boom sampai sekarang resep ini masih jadi favoritku karena memang mirip dengan yang dijual.
Dalam mencoba resep sebisa mungkin aku mengikuti apa adanya tanpa banyak modifikasi, kecuali yg memang harus aku hindari.
Berikut resep aslinya dari Molly dan ada sedikit catatanku.
Makasih ya neng Molly.





CHICKEN EGG ROLL

Bahan A:
300 gr daging ayam cincang kasar
50 gr lemak ayam poting2 kecil
(Aku pakai 350 gr daging paha Ayam, di haluskan pakai fp tapi gak sampai halus banget).

Bahan B:
1 st ang ciu/ sake (aku skip)
1 st kecap asin./ kikoman (aku pakai Tai Hua yg sudah halal)
1 st garam halus
1 st gula pasir
2 sm minyak ayam (aku skip)
40 cc putih telur ayam
½ st minyak wijen
½ st vetcin (optional) (aku skip)
¼ st merica bubuk
1 st bw putih cincang goreng
1 sm muncung maizena

Bahan C:
4 bt telur ayam ukuran sedang (cukup 3 bt jika telurnya besar2)
(Aku 3 butir telur plus 2 kuning telur sisa adonan daging)
80 gr terigu
20 gr custard powder (agar kuning) jika tidak ada pakai maizena saja
160 cc air
½ st garam halus
½ st vetcin (optional) (gak pakai)
1 sm mentega cair (aku pakai minyak goreng dg jumlah sama)


Cara membuat:
Satukan bahan A, beri bahan B aduk sampai rata betul.

Untuk bahan C: kocok telur, garam, vetcin, beri terigu , custard , mentega cair, aduk , lalu saring dan dibuat dadar. Jadi kira-kira 6 lembar dadar. Isi ½ atau 1/3  bag dadar dengan adonan isi, gulung spt lumpia rekatkan dengan campuran terigu air yg menyerupai pasta. kukus 20 menit setelah dingin, potong2 dan digoreng


Selamat mencoba

7 comments:

zhezhe said...

mantap buat jajan anak di sekolah, thx

Unknown said...

Jadi 1 resep dapat 6 pcs ya mba?

Rina Rinso said...

Kurang lebih segitu mbak @Titi Suhatsyah

Dwi said...

Mba lemak ayam apa biaa diganti dengan kulit ayam?

Chichi said...

Mba, air pada bahan C utk apa? Utk adonan dadar ato utk perekat rollnya stlh dtambah terigu? Utk dadar, terigu yg di resep bahan C dipakai smua kan? Trims jawabannya..sukses terus ya mba..

Rina Rinso said...

Air dimasukkan ke adonan kulit mbak Chici

Rina Rinso said...

Belum pernah dapat lemak ayam mbak, jadinya aku pakai daging paha yang banyak mengandung lemak.

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino