Tepung Tapioka VS Tepung Sagu

Thursday, July 15, 2010

Dulu aku menyamakan tepung sagu dengan tepung tapioka, toh sama-sama dari pati tumbuhan. Tetapi setelah sering ke dapur akhirnya aku tahu kalau ternyata berbeda.
Bedanya, dulu tepung sagu setahuku ya yang berwarna coklat itu, biasanya dimasak sebagai bubur sagu, enak banget.
nah kalau tepung kanji itu ya tepung tapioka yang dibuat dari pati-nya singkong.
Trus tepung sagu yg warnanya putih bagaimana ?
Ternyata tepung sagu yang putih itu ya dibuat dari pati-nya pohon sagu.

Kesimpulannya ?

Tepung kanji = tepung tapioka
Tepung ini dibuat dari pati singkong.

Akan tetapi tepung sagu adalah hal yg berbeda. Tapung sagu BUKAN tepung kanji atau tepung tapioka. Karena tepung sagu dibuat dari pati pohon sagu.

Terus terang aku susah membedakannya secara kasat mata. Jadi aku lebih percaya kepada kemasan yang sudah jelas-jelas menunjukkan tepung tapioka dan tepung sagu.

Lebih aman beli di toko/supermarket besar supaya tidak keliru antara tepung tapioka dengan tepung sagu.

5 comments:

business mobile phones said...

makasih infonya,mbak. Akhirnya saya bisa tau beda andatara tapioka dgn sagu. lagi coba2 buat kue, dan kebetulan bingung perbedaan keduannya

yani idris said...

emmm...tq infonya :)
kalau di resep, tepung sagu apa bisa diganti dg tapioka, mba'?apa akan memberi hasil beda?soalnya ditempatku agak susah nyari tepung sagu

jeparaiptek said...

yani@ setahuku... kalo tapioka dimasak itu lembek... tapi kalo sagu itu bisa kenyal... terutama kalo bikin bakso...

Anonymous said...

Lalu apa beda terigu glepong ma pati?( bhsa jwa)

Rina Rinso said...

@anonymous : sependek yg aku tahu glepung itu terigu, bahannya dari gandum. kalau pati kurang tahu, karena pati itu buanya banget, ada pati kentang, pati singkong, pati jagung, dll

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino