Pengganti Buttermilk

Thursday, December 31, 2009

Buttermilk itu sebetulnya apa sih ?
Apa bedanya dengan butter ?
Apakah campuran antara butter dengan milk ?
Apakah fungsi buttermilk ?
Beli dimana ?

Itu adalah serentetan pertanyaan yang terbersit saat pertama kali aku mendengar kata "buttermilk" di resep pancake maupun waffle yang akhir-akhir ini sering terpampang di search engine google kalau mencari resep "resep pancake"

Kemudian akhirnya bertanyalah daku ke "mbah gugel" tentang buttermilk itu.

Kalau menurut Wikipedia, buttermilk adalah sisa dari susu setelah bagian "butter" dikeluarkan. Makanya gak heran Rachael Ray pernah bilang di acara TV-nya kalau buttermilk itu low fat, rupanya karena itu alasannya.
Tapi ada juga buttermilk yang terbuat dari susu yang mengalami proses pengasaman oleh bakteri asam laktat.

Sengaja dari bacaan tentang buttermilk, di sini disebutkan bahwa kandungan buttermilk (khususnya yg churned buttermilk) adalah 95% air, 5% laktosa, sedikit bakteri dan sedikit butter.

Kalau aku baca di sini rasa dari buttermilk mengingatkan akan yoghurt. Buttermilk lebih kental dari susu segar tetapi tidak sekental cream.

Menurut World Book nih :

Buttermilk adalah cairan sisa setelah cream di olah menjadi butter. Sweet natural buttermilk diperoleh dari fresh cream yang didinginkan dan sudah mengalami proses untuk diambil kandungan butter/mentega. Sour natural buttermilk didapat dari cream yang dimatangkan (diasamkan) dengan menambahkan bakteri yg menghasilkan asam laktat (disebut juga starter). Natural buttermilk tidak dapat disimpan seperti layaknya minuman segar. Tetapi sweet natural buttermilk kadang-kadang dikeringkan menjadi bubuk dan digunakan secara komersial untuk cooking, baking dan membuat es krim. Buttermilk kutur (hasil kultur dengan bakteri) dibuat denganmenambahkan starter ke dalam susu skim yg sudah di pasteurisasi dan dibiarkan menggumpal. Buttermilk hasil kultur ini adalah minuman favorit. harus di simpan di kulkas. Sebagian besar jenis buttermilk memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan susu tetapi buttermilk lebih rendah lemak dan vitamin yg larut dalam lemak.

Nah kembali lagi ke buttermilk yang ada di resep pancake dan waffle.

Kalau tidak ada buttermilk, bagaimana ?
Secara buttermilk bukan tipe minuman populer di indonesia. Kalaupun ada mungkin harganya mahal.

Nah di website yang ini dan yang di sini ada beberapa resep pengganti buttermilk. Kalau vegetarian dan menghindari susu bisa coba lihat di sini untuk pengganti buttermilk non-susu.

Untuk yang kirim email kesulitan membuka websitenya, yo wis aku tulis/salin sekalian deh resep pengganti buttermilk.

Kalau di website ini pengganti buttermilk adalah :

Pengganti Buttermilk nomer satu.

Tambahkan 1 sendok makan cuka atau air jeruk lemon ke dalam 1 cup (kurang lebih 225-250 ml) susu. Taraaaa jadilah buttermilk. Cuam teteppp rasa khas buttermilk gak akan muncul di situ. Paling baik gunakan cuka, tetapi air jeruk lemon bisa "bekerja" dengan jumlah yg sedikit.
Cuma kalau aku sih lebih suka pakai air jeruk nipis atau lemon, soalnya wanginya asem jeruk lebih segar dan menggairahkan daripada wangi asemnya cuka. Itu kalau aku lho.

Pengganti Buttermilk nomer dua.

Pakai yoghurt dengan jumlah yg sama dengan buttermilk. Misalnya di resep perlu 165 ml buttermilk ya gunakan 165 ml yoghurt. Meski bisa menggantikan buttermilk tapi tetep aja rasa khas buttermilk gak ada di yoghurt, tapi karena yoghurt cukup "kaya" jadi no problemo, resepmu gak akan gagal kok :) Eh iya gunakan yoghurt yg plain ya trus kalau bisa yang kental jangan yang cair.

Pengganti Buttermilk nomer tiga.

Buatlah campuran antara yoghurt dengan susu. Perbandingannya 1:1. Jadi misalnya kalau diperlukan 200 ml buttermilk maka kamu bisa buat campuran 100 ml yoghurt dan 100 ml susu. Kaya'nya gampang ya.. Yup emang gampang. Tapi namanya juga pengganti jadi gak bisa sama persis seperti buttermilk asli. Kalau mau kamu bisa menambahkan cuka atau air jeruk lemon ke dalam campuran yoghurt+susu itu.

Pengganti Buttermilk nomer empat

Susu. Yup susu yang plain (contohnya nih susu Ultra 1 liter yg dus biru). Seperti yang sudah aku tulis di atas, buttermilk adalah cairan susu yang tersisa dalam pembuatan butter atau mentega, jadi sebetulnya buttermilk adalah minuman rendah lemak.
Untuk mengentalkan susu dan memberi sedikit rasa asem, tambahkan 1 3/4 sendok teh cream of tar tar untuk 8oz susu.

Nahh jadi ada pilihan kan untuk menggantikan posisi buttermilk.


Atau ada juga nih resep pengganti buttermilk yang ada di website ini.

Pengganti 1 cup buttermilk adalah :

1 cup yoghurt plain atau sour cream
atau

1 cup susu dengan 1 sendok makan air jeruk lemon atau cuka
atau

1 cup susu + 1 3/4 sendok makan cream of tartar
atau

1/4 cup bubuk buttermilk dan 1 cup air


Tuh untuk yg bingung buttermilk bubuk diapakan, ada tuh resepnya.

Untuk yang ingin tahu penampakan sour cream dan yoghurt yang bisa menggantikan buttermilk ini gambarnya, kebetulan beberapa waktu yg lalu ada persediaan di rumah.

Cari yoghurtnya yang set atau yang padat ya jangan yang cair.

Trus ada yg bilang, kok tanpa buttermilk tetap bisa empuk. Well kalau menurutku kalau pakai buttermilk "kalau sudah dingin" masih empuk. Karena pada umumnya makanan yang hangat atau panas memang empuk tetapi begitu dingin jadi keras. Mungkin dengan penambahan buttermilk bisa membuat makanan jadi empuk. Gitu aja.


3 comments:

boyhaviansyah said...

teh rina..kalo buttermilk tuh ada yg terpisah antara cairan & gumpalan ga sih...? soalnya sy pernah liat yg bgt...kalo emang iya, yg dipake yg cairannya atau yg gumpalannya...atau semuanya...(u/ pancake)
trus...waktu sy pernah bikin pake susu ultra 500ml (2cup)+ cuka 3sdm, hasilnya teteup aja jadi susu,malah pancakenya jadi asem...
kenapa ya...?
nuhun

Rina Rinso said...

@ Boyhaviansyah : aku belum pernah beli buttermilk yang sudah jadi. Kalau melihat dari internet, buttermilk homemade digunakan semuanya, bagian yang cair dan yg menggumpal.

Kalau lihat resep sepertinya cuka-nya terlalu banyak, mestinya 2 cup perlu 2 sdm cuka saja. Cuma aku lebih suka pakai air jeruk nipis atau lemon karena asam-nya lebih segar dan fresh daripada pakai cuka.

Muara Pos said...

Aku malah baru tahu yang namanya buttermilk, Lihat juga belum. Enak ya? Kalau susu aku kurang suka sih..

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino