Pancake Enak

Sunday, August 10, 2014

Tidak ada kata yg menggambarkan rasa pancake ini selain enak :)

Cara membuatnya gampang banget, cepat, tapi hasilnya yummyyy.

Resepnya sudah ada di dapurku yang baru ya di Dapur Rina rinso

Silahkan mampir

Pindahan Dapur ke rinarinso.com

Saturday, February 15, 2014

Teman, mulai saat ini dapurnya pindah ke rinarinso.com ya.

Nanti resep yang ada di ala-rinarinso.blogspot.com ini akan pindah ke rinarinso.com 

Selamat memasak


Bolu Kukus Ketan Hitam

Monday, December 30, 2013



Bolu ini dibuat karena tepungnya sudah lama ter-onggok di lemari pantry hehehehe.
Agak merasa malas karena ukuran kemasannya tanggung, 350 gr, padahal resep yang biasa aku buat menggunakan tepung 250 gr.
Ya akhirnya di konversi aja dari 250 gr tepung ke 350 gr tepung, ternyata semuanya di kali 1.4
Untuk gula dan mentega gak masyalah, yg masalah adalah telur, karena di resep asli telurnya 6. kalau di kali 1.4 jadi 8.4 telur.
Ahhh tutup mata aja ah, dibuat aja jadi 8 telur. Ternyata hasilnya sama enaknya juga :)
Resep asli dari sajiansedap.com pakai emulsifier, baking powder, garam, dan vanila, yang mana aku hilangkan semuanya.
Pertimbangannya, lagi gak memerlukan cake yg tinggi, sedangkan garam di skip karena margarin yg aku pakai menurutku sudah cukup asin (aku pakai blue band) dan vanila gak pakai biar harus ketan hitam dan blue band tercium.
Dan ternyata dugaanku benar. Tanpa bahan tambahan macam-macam itu bolu kukus ketan hitam ini nikmat di santap di sore hari sambil nginternet seperti saat ini :)



Bolu Kukus Ketan Hitam

Bahan

8 butir telur
300 gr gula pasir

350 gr tepung ketan hitam
280 gr blueband,dicairkan
1 sachet SKM (40 gr)

Cara membuat :

Panaskan kukusan/dandang/klakat. Siapkan loyang 24 x 24 x 7. Beri alas kertas roti.
Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang. Masukkan tepung ketan hitam, mentega cair dan SKM. Aduk rata.
Masukkan ke dalam loyang dan kukus dengan api sedang selama 30 menit.


 

Martabak Bolu Mini Pandan

Friday, December 27, 2013





Alhamdulillah setelah bisa membuat martabak sendiri, jadi ingin berkreasi dengan berbagai macam rasa. Salah satunya adalah rasa pandan. Dulu saat masih tinggal di bandung dan sering ke bandung, pasti beli martabak Asia yang ada di jl.Katamso. Sekarang ? Ya mendingan buat sendiri lah..soale kalau mesti ke bandung kejauhan :)

Resepnya sama seperti martabok bolu yang sudah aku posting sebelumnya, hanya ditambahkan pasta pandan di adonannya. Gak banyak sih cuma 1/2 sdt.






 Sesaat setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan


 

Adonan yang sudah diberi taburan gula dan kemudian di tutup sampai matang. Tandanya sudah terbentuk lubang di seluruh permukaan bolu

 

 Martabaknya sudah matang dan sudah dioles mentega, siap diberi topping sesuai selera

Martabak Bolu Mini

Sunday, December 22, 2013



Alhamdulillah akhirnya punya juga cetakan ini. Sudah lama kepingin tapi setiap kali lihat harganya kok ragu-ragu. Trus di internet (lupa dari milis atau fb) ada yg nawarin cetakan dengan harga murce aku mau dong (biasa...ibu-ibu kalau ada yg murah kenapa beli yg mahal hihihi). Dan akhirnya sang cetakan sampai di rumah.

Eksekusi resep ini tidak memerlukan banyak pertimbangan kok. Hanya sedikit mikir karena di rumah ga ada susu bubuk dan baking soda/soda kue.

Resepnya diambil dari blog-nya Irene, tapi maaf ya gak bisa copy paste (karena satu dan lain hal di blok sama server di rumah). Jadi kutulis resepnya seingetku (semoga bener, ntar kalau salah aku ralat deh).




Martabak Bolu Mini


Bahan :

250 gr terigu serbaguna (segitiga biru)
50 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
300 cc susu cair
3 butir telur
30 gr gula 
1/2 sdt fermipan/ragi instan
1/4 sdt baking powder
50 gr mentega dicairkan

Taburan di atas :
butter
gula pasir
susu kental manis
keju parut
cokelat meises




Cara membuat :

Campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.
Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan whikser.
Setelah tercampur rata masukkan fermipan dan istirahatkan selama 30 menit.
Di tempat lain kocok telur dan gula (kocok lepas aja pakai garpu) kemudian masukkan ke dalam adonan yg sudah di istirahatkan selama 30 menit.
Terakhir masukkan mentega cair dan baking powder.
Panaskan cetakan, ambil 1 sendok sayur cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang, taburi dengan gula kemudian tutup hingga matang.
Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera sebagai taburan. 













Hasilnya ?
Alhamdulillah memuaskan.
Dapat jempol dari semuanya.
Martabaknya bersarang dengan cantiknya, trus meski sudah sampai siang (buat pagi untuk sarapan) masih enak dan empuk. Patut di catat dan dijadikan sebagai resep andalan. makasih ya buat Irene yang sudah sharing resepnya.

Hayoo yg sudah punya cetakannya itu, segera eksekusi resep martabal ini. Mantap lho. Sepertinya sudah bisa berpisah nih dengan bakul terang bulan langganan. Lebih puas buat sendiri.


NOTES :

1. Gula dan baking powder di tulis 2 kali, bukan karena salah ketik ya, tapi memang saat memasukkan ke adonan dalam waktu yg berbeda.

2. Masaknya pakai api kecil ya, di komporku pakai api lilin.

3. Cetakan dioles mentega tipis saja, kalau terlalu tebal adonan nanti tidak akan menempel di cetakan, walhasil bantat dengan sukses. Karena cetakanku jenis anti lengket, jadi gak pakai mentega lagi sebagai olesan, soalnya di adonan kan juga sudah dimasukkan mentega cair.

Ekkado ala Rina Rinso

Monday, September 30, 2013





Ekkado adalah salah satu menu favorit kalaulagi makan di restoran fast food jepang itu. Tapi sayangnya Ivan gak suka dengan telur puyuh rebus yang ada di bagian dalamnya. Walhasil seringnya si telur puyuh rebus dimakan sama si kakak :)

Karena yang ini gak pakai telur puyuh rebus di dalamnya, makanya dikasih nama ekkado ala rina rinso:)

Bahan-bahannya di adaptasi dari resep ekkado yang di dapat Molly saat kursus masakan jepang di bandung sekian tahun yg lalu (yg jelas saat itu Nadya masih balita). Semoga sharing ini bermanfaat.


Ekkado ala rina rinso

Bahan :
250 gr udang kupas
150 gr daging ayam bagian paha

Kulit kembang tahu (kalau bisa yg tipis)
Benang kasur

Bumbu-bumbu:
1 sdt air jeruk nipis
1 sdt kecap manis
1/2 sdt garam
3 sdm tepung tapioka
1 sdt minyak wijen
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 butir telur
2 sdt kecap ikan

 Cara membuatnya :

Masukkan daging udang, ayam, dan semua bumbu ke dalam food processor dan giling sehingga semuanya tercampur rata.

 

Potong kulit kembang tahu 10 x 10 cm dan beri isian 1 sendok makan.Ikat dengan tali benang kasur dan kukus hingga matang.

Kulit kembang tahu-nya ternyata asin sekali, jadi untuk menyiasatinya aku siapkan 1 piring isi air, sebelum lembaran kulit tahu aku isi aku celup dulu ke piring isi air supaya terbilas sedikit rasa asinnya. Setelah dicelup air baru diberi isian.


Setelah matang, ekkado bisa di goreng.
Dan inilah penampakan ekkado ala rina rinso alias ekkado yg gak pakaitelur puyuh rebus di dalamnya.



Rasanya ?
Ga beda jauh dengan yang di resto jepang itu, alhamdulillah :)

Pempek Ikan Tengiri

Monday, September 23, 2013



Salah satu camlan favorit di rumah.

Setelah makan pempek asli dari Palembang (baik nitip maupun dapat oleh-oleh) rasanya berbeda sekali dengan yang dijual di Depok, akhirnya jadi males deh beli pempek.
Trus akhirnya aku berkesempatan kursus dan belajar buat pempek, akhirnya tahu kalau sebetulnya bisa aja buat pempek sendiri.

Supaya gak kecewa dengan hasilnya,pertama aku coba pempek dos alias pempek yg ga ada ikannya (isinya cuma tepung terigu, tepung sagu, garam kaldu bubuk, merica dan telur). Ternyata hasilnya gak mengecewakan. Secara bentuk sudah meyakinkan deh hehehe. Tapi menurutku tetep aja rasanya rasa tepung. Trus terbayang sepertinya kalau ada ikan pasti jauh lebih enak.

Dulu di jaman saat kost di Tubagus Ismail bandung pernah buat pempek sama mbak Ikun, tapi dah lupa gimana cara dan rasanya. Nah kali ini aku buat pempek setelah melihat resep yg beredar di internet plus yg aku dapat saat kursus



Ini resepnya kutulis di sini

Pempek Ikan

Bahan :
350 - 400 gr daging ikan tengiri (diambil dari 500 gr ikan tengiri, setelah diambil dagingnya ternyata beratnya segitu itu)
280 gr tepung sagu (bagi jadi 2 bagian, 230 dan 50 gr)
175 ml air
2 sdt garam
1 1/2sdt merica
1 sachet kaldu bubuk
2 siung bawang putih 

Cara membuat :
Haluskan daging ikan tengiri, campur dengan air dan bumbu-bumbu. Caranya masukkan ke dalam food processor. Campur hingga daging halus.

Pindahkan ke wadah lain, dan campur dengan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata (yg digunakan 230 gr tepung sagu saja). Adonan akan sedikit lengket tapi gak masalah.

Cara membentuk adonan, ambil sejumlah adonan, kemudian masukkan ke dalam sisa tepung sagu dan baru bentuk adonan.

Kemudian rebus di dalam air mendidih dan angkat saat matang. Untuk pempek kapal selam waktunya sekitar 30 menita, supaya telur di dalam adonan juga matang.

Angkat pempek yg sudah matang dan lumuri minyak supaya tidak lengket satu sama lainnya.

Saus cuko-nya masih belum ketemu yang pas nih, jadi belum di posting yg bener ya, tapi kemarin bahannya :

Gula aren
Asam
Garam
Bawang Putih
Cabe rawit

Udah ya,selamat mencoba

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino