Silky Puding Cokelat

Thursday, December 13, 2018

Resep sederhana yang mampu membuat anak-anak di rumah nambah lagi lagi lagi dan lagi. Mungkin karena rasa susunya relatif "ringan" dan gak terlalu manis, jadi gak merasa bersalah kalau nambah lagi dan nambah lagi :)

Berikut resepnya ya. Semoga bermanfaat.


Silky Puding Cokelat

Bahan :

1 bungkus nutrijell plain
225 gr gula pasir
30 gr cokelat bubuk (aku pakai bordoux)
1 liter susu UHT (aku pakai ultra dus biru)
1,2 liter air putih (bisa 1 liter susu kedelai + 200 ml air)

Cara membuat :

1. Campur bahan kering (gula, cokelat bubuk, nutrijell) aduk rata dengan whisk. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tuang sampai susu habis. Setelah itu tambahkan air, aduk rata.

2. Masak di atas api hingga mendidih. Matikan api.

3. Aduk-aduk adonan puding yang sudah mendidih hingga berkurang panasnya, kemudian saring. Setelah uap panasnya hilang tuang ke dalam gelas saji.

4. Masukkan ke dalam lemari es. Dan kalau sudah dingin rasanya enak lho...



Kremesan Ayam

Monday, December 3, 2018

Salah satu makanan favorit Ivan. Biasanya kalau ada ayam goreng Ivan akan makin semangat kalau ada kremesnya. Beberapa tahun yang lalu pernah mencoba buat kremes sendiri tapi gagal total, jadinya malah lengket seperti lem :(

Akhirnya 3 bulan lalu menemukan resep yang sesuai dengan selera. Trus hari ini aku coba buat lagi dengan resep itu, alhamdulillah di awali dengan kegagalan hehehe. Setelah aku telaah, ternyata masalah ada pada konsistensi adonan. Kalau adonan terlalu kental, maka jadinya nanti seperti adonan pisang goreng, butirannya besar, tidak bisa membentuk jadi seperti sarang semut yang halus. Tetapi begitu aku tambahi air, adonan jadi cair banget, begitu masuk ke wajan langsung berbentuk butiran-butiran yang bisa disatukan menjadi kremes yang cantik dan renyah.

Berikut resep kremesan ayam yang aku pakai.





Kremesan Ayam

Bahan :
300 gr air rebusan ayam ungkep
125 gr tepung sagu (3 bulan yg lalu pakai tapioka, sekarang pakai sagu, hasilnya sama)
2 sdm tepung beras
1 kuning telur.

Cara membuat :
1. Campur semua bahan jadi 1.

2. Nyalakan kompor, isi wajan penggorengan dengan minyak yg cukup.

3. Ambil adonan dengan tangan dan kucurkan dengan jari-jari sehingga adonan akan masuk ke dalam wajan bentuknya tetesan-tetesan adonan, yang nanti bisa disatukan dan dilipat. Karena diambil dengan jari dan dikucurkan, maka tangan masuk ke baskom adonan dan mengucurkan beberapa kali (bisa 6 kali atau lebih, tergantung selera).

4. Masak dengan api kecil sampai matang/kuning keemasan.

Selamat mencoba.





Wednesday, October 31, 2018

Cupcake DEBM friendly. Dibuat karena penasaran. Kata tetangga yang pesan cake marmer DEBM buatanku katanya enak. Jadi pas ada pesanan lagi aku buat adonan berlebih dan aku cetak bentuk cupcake. Setelah aku icip hmmm.. not bad. .

Mau buat sendiri ? Ini resepnya.






Cupcake DEBM friendly ala rina rinso


Bahan :
6 kuning telur
4 putih telur
12 sachet diabetasol
100 gr tepung kethobetic
200 gr blueband
10 gr cokelat bubuk

Cara membuat :
1. Kocok blueband dan diabetasol sampai mengembang dan pucat. Masukkan kuning telur satu persatu. Kocok rata.
2. Masukkan tepung. Aduk rata.
3. Kocok putih telur sampi kaku. Masukkan ke adonan telur. Aduk rata.
4. Ambil 1/3 adonan dan campur dengan cokelat bubuk.
5. Tuang adonan ke dalam loyang cupcake. Oven sampai matang.


Resep ini bisa untuk 6-8 cupcakeKarena menggunakan tepung kethobetic, jadi cupcake ini gak awet. Kalau hari itu tidak habis, masukkan ke lemari es. Saat akan dimakan di panaskan dulu. Enak disantap saat hangat.

Untuk yg keto, blueband diganti dengan butter.

Semoga bermanfaat.









Cake Zebra Putih Telur

Thursday, October 18, 2018

Senengnya aku bisa menemukan postinganku jadul, karena blog.com sudah tutup jadi blog dapurku yang lama juga ikut menghilang. 
Di simpan di sini ah biar ada kenangan.
Postingan dari blog lama ini malah copy paste dari https://banabakery.wordpress.com/2008/12/06/cake-dari-putih-telur/

Foto nya tertanggal 26 Juni 2007, lokasinya di halaman depan rumah di Warung Jati Timur :)

Cake Zebra Putih Telur

Biasanya kalau abis ada pesenan birthday cake maka akan tersisa putih telur yang cukup banyak. Setelah mencoba berbagai resep cake dengan bahan putih telur ternyata aku cocok dengan resep yang ini. Cake-nya lembut dan enak, tidak seperti cake putih telur lainnya yang rata-rata “kenyel-kenyel” apa ya… itu lho seperti mengunyah karet, pokoknya ada tekstur yang gak enak selama dikunyah.
Resep ini dapatnya dari iparnya adikku, cuma aku kurangi jumlah gulanya. Kalau untuk zebra coklat aku lebih senang menggunakan coklat bubuk daripada pasta coklat. Pernah juga aku buat dengan pasta pandan dan moka, hasilnya yummyyy…
Selamat mencoba.
Cake Zebra Putih Telur

Bahan:
400 cc putih telur
200 gr gula pasir
1 sdt TBM/SP
200 gr blue band, cairkan
175 gr terigu
25 gr maizena
1 sdm coklat bubuk/pasta coklat/pasta pandan/pasta strawberry
Cara:
1. Putih telur + SP dikocok sampai mengembang
2. Masukkan gula pasir sedikit2 sambil terus dikocok
3. Masukkan terigu sedikit2 sambil diaduk rata
4. masukkan blue band yg sudah dicairkan, aduk rata
5. bagi adonan menjadi 2, ½ bagian beri pasta coklat sisanya biarkan putih
6. Tuang adonan putih sedikit, lalu tuang adonan coklat. Tuang lagi adonan putih, lalu adonan coklat. Begitu seterusnya sampai adonan habis
7. Panggang sampai matang kurang lebih 20 menit dengan suhu 180 0C
sumber

Cake Marmer

Salah satu favoritku adalah cake marmer. Cake sederhana tetapi menurutku enak dan lezat.

Berawal dari kesukaanku itu, aku jadi mencari dan mencari resep cake marmer yang sesuai dengan seleraku. Dan pencarian dimulai saat ada tetangga yang juga menginginkan hal yang sama, cake marmer yang empuk dan lembut dengan wangi nostalgia.

Maka mbah google pun mulai ditanya. Di instagram-pun sering lihat resepnya para chef. Buku-buku resep dan majalah dibolak-balik. Sampai akhirnya ada 1 resep yang sederhana banget dan kelihatan jadulnya. Bahannya tidak banyak dan yang penting tanpa bahan tambahan makanan, kecuali vanili bubuk.

Awalnya agak skeptis dengan resepnya, karena kesederhanaanya itu tadi. Dan untuk lemaknya menggunakan Blueband saja, ga ada penambahan mentega/butter. Cuma aku harus coba karena kebetulan sejak beberapa tahun terakhir ini lidahku sensitif dengan rasa bahan pengembang, emulsifier dan bahan tambahan pangan lainnya. Dan begitu melihat dan mencium hasilnya...wowww.. aku langsung jatuh bangun terpesona dengan cake marmer ini :)




Percobaan pertama menggunakan loyang bundar diameter 24 cm. Teksturnya, wanginya, penampakannya, aku sudah langsung jatuh cinta. Cuma waktu memanggang agak kurang lama jadi di bagian tengah masih ada sedikit bagian yang masih basah.

Ada sedikit yang aku kasih ke tetangga yang sering pesan ke aku dengan request cake marmer yang moist (dan aku belum pernah memuaskan hatinya) dan ternyata responnya positif. Aku jadi makin semangat.






Percobaan kedua menggunakan loyang tulban diameter 26 cm yang aku punya. Hasilnya membuatku makin senang. Alhamdulillah... dapat juga cake marmer yang selama ini yang inginkan. Lihat postingan ini eh ada tetangga yang pesan. Sip lah. Aku buatin deh. Dan alhamdulillah tetangga cocok dengan cake ini.


Dan aku makin senang lah. Aku coba dengan dengan loyang yang diameternya lebih kecil, pakai loyang tulban baru, pakai loyang yang sedianya untuk roti tawar. Pokoknya seisi rumah mabok dengan cake marmer ini.





Bahkan ada yang menggunakan tepung kethobetic dan gula diabetasol untuk membuat cake marmer ini dan ini hasilnya.




Dan komentarnya ?



Waaa.. makin membuatku semangat lagi nih.

Duh, ternyata banyak juga ya cerita pembukanya. Kalau begitu langsung ini ya resepnya. Semoga cocok juga dengan yang membaca.






Cake Marmer

Bahan :
12 kuning telur
8 putih telur
350 gr gula halus
400 gr blueband
300 gr terigu serbaguna (misalnya segi tiga biru)
20 gr cokelat bubuk/kurang lebih 2 sdm
1/2 sdt vanila

Cara membuat :

1. Panaskan oven. Olesi loyang tulban diameter 26 cm dg pengoles loyang atau margarin.

2. Kocok gula halus dengan blueband dengan mikser kecepatan tinggi sampai putih mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok dengan speed rendah. Kocok sampai rata.

3. Masukkan terigu dan vanila. Aduk rata. Sisihkan.

4. Di wadah yang bersih kocok putih telur sampai kaku. Masukkan ke dalam adonan mentega dan gula. Aduk sampai rata.

5. Ambil 1/3 bagian adonan, beri cokelat bubuk. Aduk rata.

6. Masukkan adonan ke dalam loyang. Lapisan pertama adonan putih, kemudian adonan cokelat, setelah itu adonan putih lagi dan terakhir adonan cokelat. Buat motif marmer dengan garpu.

7. Panggang dalam oven suhu 180 selama 50-60 menit atau sampai matang (bisa dilakukan tes tusuk).



Catatan : 

Kekuatan tiap mikser berbeda, kalau pakai kitchen aid dengan paddle attachment untuk mengocok mentega dan gula dengan kecepatan 8 perlu waktu 5-6 menit saja.

Yang bikin wangi khas jadul itu penggunaan blueband nya.

Cake ini bisa pakai baking pan juga.

Kalau setengah resep bisa menggunakan loyang 10 x 26.





Nah segitu aja resepnya, sederhana kan. Tanpa banyak bahan tambahan, jadi insya Allah aman untuk lidah yang agak sensitif dengan bahan tambahan pangan.

Selamat mencoba.

Bolu Kukus Putih Telur

Thursday, January 5, 2017

Assalamu'alaikum.

Sudah lama juga blog dapur ini gak di isi dengan sesuatu yang baru. Mumpung tahun baru, semangat masih baru, aku posting resep yang baru aku coba beberapa hari yang lalu ya.

Berawal dari tumpukan putih telur di freezer, aku membuat cake ini. Sebetulnya sudah mencatat resep ini beberapa waktu yang lalu tapi belum tergerak untuk mencoba. Baru kemarin aku mencobanya dannnnn... aku sukaaa..

Resepnya hasil googling dan dapat di blog-nya Inev dan lihat fotonya yang cantik jadi kepingin mencoba hehehe.

Ini ya resepnya, plus beberapa catatan dari yang aku pakai. Untuk caranya juga sedikit berbeda dengan yg ada di blog itu.






Bolu Kukus Putih Telur

Bahan :

500 ml putih telur (aku pakai 550 gr)
325 gr gula pasir (aku pakai 275 gr)
1 set emulsifier
1/2 set garam
100 ml susu cair (aku pakai ultra plain)
50 gr mentega di cairkan
250 gr terigu (aku pakai dakra, karena segitiga nya habis)
1 sdt baking powder (aku pakai 1/2 set)
Pasta strawberry
Pasta moka
Pasta pandan
Vanila essens (tambahanku)
Moka kopi essens (tambahanku)

Cara Membuat :


1. Kocok putih telur, gula, dan emulsifier sampai kental.
2. Ayak terigu, baking powder dan garam.
3. Masukkan campuran terigu ke dalam kocokan telur. Aduk rata.
4. Tuang susu cair dan mentega cair sambil aduk rata.
5. Bagi adonan menjadi 4 dan beri pasta dan essens yang sudah disiapkan.
6. Tuang adonan ke dalam loyang 20x20x7 yang sudah diberi alas kertas roti dan dioles dengan mentega.
7. Kukus setiap lapis selama 7 menit. Angkat. Keluarkan dari loyang. Dinginkan. Potong-potong.





Drip Cake

Friday, December 16, 2016










Beberapa contoh drip cake produksi Dapur Pochopa.

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino