Kroket Jamur Keju ala rina rinso

Sunday, December 8, 2019

Dapat resep ini dari majalh, cuma lupa majalah apa. Soalnya di kliping-ku ga aku cantumkan sumbernya masajalh apa :(

Tapi resep ini terbukti enak dan dapat pujian jempol dari suami. Apalagi aku tambahin dengan potongan keju utuh di dalamnya, jadi saat masih dalam keadaan hangat, kejunya meleleh gitu menambahk nikmat :)

Sudah lama banget gak buat snack ini. Supaya gak lupa, aku tulis di blog ini aja resepnya.


Kroket Jamur Keju

Bahan :
60 gr mentega, untuk menumis
50 gr bawang bombay cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
75 gr terigu serbaguna
1 sdt gula pasir
100 ml susu cair
250 gr jamur shimeji segar, cincang halus (kalo aku biasanya pakai jamur champignon kalengan)
150 gr udang kupas, cincang
50 gr keju cheddar parut
1 butir telur
2 sdm susu cair
100 gr tepung roti
minyak untuk menggoreng
Keju cheddar dipotong batang kecil untuk di sisipkan ke dalam adonan saat di pulung


Cara membuat :

  • Lelehkan mentega, tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan merica, garam, gula pasir, dan terigu. Aduk rata sambil dituang susu sedikit demi sedikit hingga kental. Angkat.
  • Masukkan jamur cincang, udang cincang, dan keju parut. Aduk rata sampai adonan dapat dipulung.
  • Bentuk adonan menjadi silinder dengan diameter 2 cm dan panjang 4-5 cm (kurang lebih aja). Jangan lupa beri isian keju yang sudah dipotong. Sisihkan.
  • Kocok telur dan 2 sdm susu cair, sisihkan.
  • Celupkan adonan yang sudah dipulung tadi ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan dalam tepung roti sampai terbalur rata. Sisihkan.
  • Goreng sampai matang dan berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Siap disantap.


Terong Saus Santan

Salah satu resep yang sering aku buat di awal menikah, setelah tahu kalo suami suka terong :)

Bahan :
5 buah terong ungu panjang, belah 2, potong 4 cm.

Saus santan :
2 sdm minyak untuk menumis
4 baang merah, iris tipis
4 bawang putih, iris tipis
2 cabe merah, iris tipis
1/2 sdt terasi goreng
25 gr ebi, rendam air panas, tiriskan, tumbuk kasar
150 ml santan kental dari 1/8 kelapa parut
1 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam.

Cara membuat :

1. Rendam potongan terong dalam air garam. Tiriskan.
2. Goreng dalam minyak hingga layu dan matang. Tiriskan.
3. Saus santan :
* panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih. Aduk hingga layu
* Tambahkan cabe, terasi, dan ebi. Aduk hingga layu dan harum.
* Tambahkan santan, kecap, merica, dan garam. Masak hingga kental. Angkat.
4. Taruh terong goreng di atas piring saji, tuang saus santan.

Bola-bola Keju

Wednesday, May 1, 2019

Menu snack yang tidak pernah ditolak suami dan anak-anak di rumah, bola-bola keju. Terinspirasi oleh snack jepang takoyaki. Tapi karena Ivan gak suka kalau ada bawang daun, di rumah jarang ada katsuobushi, ga ada dashi, lebih sering di isi keju kraft ketimbang gurita, jadinya dikasih nama bola-bola keju. Rasa gurih keju yang setengah meleleh di dalam bola nya hhmmmm bikin lupa diet deh :)
.
.
Kali ini untuk meramaikan NCC Challenge sengaja bola-bola keju nya untuk difoto sebelum dilahap habis :)
Semoga bermanfaat.
.
.



Bola-bola Keju
.
Bahan :
80 g terigu
Garam
Lada
200 ml air
1 butir telur
Keju kraft cheddar potong dadu 
2 sdm minyak sayur
.
Cara membuat :
1. Campur air dan telur, sisihkan.
2. Campur terigu, garam, dan lada. Sisishkan.
3. Tuang campuran air dan telur ke dalam terigu, sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk sampai tercampur. Adonan akan cair banget, ndak apa-apa, memang begitu. Terakhir masukkan minyak sayur. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan takoyaki/poffertjes. Isi dengan adonan 3/4 tinggi cetakan. Beri isian keju kraft cheddar. Setelah sekeliling adonan mengeras, putar setengah putaran, kemudian beri adonan lagi hingga penuh. Setelah bagian tepi mulai mengeras putar-putar hingga membentuk lingkaran oenuh dan putar bola keju sampai matang.

Untuk 15 buah bola-bola keju.
.
@fatmahbahalwan#kreasiandalanKRAFT#lezatnyaKRAFT#naturalcookingclub #nccchallenge3
.
.
Ikut yuk
@nindiastuti
@nungki.faruq


Chocolate Drip Cake

Saturday, February 16, 2019






Beberapa cake yang dibuat di Dapur Pochopa menggunakan brownis kukus sebagai dasar cake-nya. Ini dia resep brownies kukus yang dipakai.



Brownies Kukus Dapur Pochopa

Bahan :
6 butir telur (ukuran besar)
225 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
150 gr terigu serba guna
25 gr cokelat bubuk
20 gr susu bubuk
1/2 sdt vanila
150 gr mentega
150 gr DCC

Cara membuat :
1. Lelehkan DCC dan mentega, sisihkan.
2. Siapkan 3 buah loyang bundar diameter 18 cm, beri alas kertas roti.
3. Kocok gula. telur, dan emulsifier hingga kental, masukkan terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan vanila, aduk rata.
4. Masukkan campuran DCC dan mentega, aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang, kukus sampai matang.


Ganache oles
Ganache ini digunakan sebagai filling/lapisan di setiap cake dan juga untuk melapisi seluruh permukaan cake.

Bahan :
150 gr biobianca (bisa diganti dengan Haan wippy cream)
300 ml susu UHT full cream
450 gr DCC 

Cara membuat :
1. Lelehkan DCC, sisihkan.
2. Masak susu hingga mendidih, masukkan biobianca, aduk rata.
3. Masukkan DCC leleh ke dalam campuran susu + biobianca, aduk rata.
4. Diamkan hingga suhu ruang, masukkan ke dalam lemari es.
5. Simpan dalam lemari es kurang lebih 4 jam. Setelah itu mikser hingga halus. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga. Ganache oles siap digunakan.


Ganache siram.
Ganache ini digunakan sebagai lelehan/drip di tepi cake.

Bahan :
100 gr DCC
100 ml Whip cream dairy (misal : Anchor)

Cara membuat :
1. Panaskan whip cream, kemudian masukkan DCC yg sudah di cincang, aduk hingga rata. masukkan ke dalam kantong plastik segitiga, ganache siap digunakan.



Seperti itulah yang digunakan untuk membuat drip cake ala Dapur Pochopa.
Selamat mencoba.
Semoga cocok.

Silky Puding Cokelat

Thursday, December 13, 2018

Resep sederhana yang mampu membuat anak-anak di rumah nambah lagi lagi lagi dan lagi. Mungkin karena rasa susunya relatif "ringan" dan gak terlalu manis, jadi gak merasa bersalah kalau nambah lagi dan nambah lagi :)

Berikut resepnya ya. Semoga bermanfaat.


Silky Puding Cokelat

Bahan :

1 bungkus nutrijell plain
225 gr gula pasir
30 gr cokelat bubuk (aku pakai bordoux)
1 liter susu UHT (aku pakai ultra dus biru)
1,2 liter air putih (bisa 1 liter susu kedelai + 200 ml air)

Cara membuat :

1. Campur bahan kering (gula, cokelat bubuk, nutrijell) aduk rata dengan whisk. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tuang sampai susu habis. Setelah itu tambahkan air, aduk rata.

2. Masak di atas api hingga mendidih. Matikan api.

3. Aduk-aduk adonan puding yang sudah mendidih hingga berkurang panasnya, kemudian saring. Setelah uap panasnya hilang tuang ke dalam gelas saji.

4. Masukkan ke dalam lemari es. Dan kalau sudah dingin rasanya enak lho...



Kremesan Ayam

Monday, December 3, 2018

Salah satu makanan favorit Ivan. Biasanya kalau ada ayam goreng Ivan akan makin semangat kalau ada kremesnya. Beberapa tahun yang lalu pernah mencoba buat kremes sendiri tapi gagal total, jadinya malah lengket seperti lem :(

Akhirnya 3 bulan lalu menemukan resep yang sesuai dengan selera. Trus hari ini aku coba buat lagi dengan resep itu, alhamdulillah di awali dengan kegagalan hehehe. Setelah aku telaah, ternyata masalah ada pada konsistensi adonan. Kalau adonan terlalu kental, maka jadinya nanti seperti adonan pisang goreng, butirannya besar, tidak bisa membentuk jadi seperti sarang semut yang halus. Tetapi begitu aku tambahi air, adonan jadi cair banget, begitu masuk ke wajan langsung berbentuk butiran-butiran yang bisa disatukan menjadi kremes yang cantik dan renyah.

Berikut resep kremesan ayam yang aku pakai.





Kremesan Ayam

Bahan :
300 gr air rebusan ayam ungkep
125 gr tepung sagu (3 bulan yg lalu pakai tapioka, sekarang pakai sagu, hasilnya sama)
2 sdm tepung beras
1 kuning telur.

Cara membuat :
1. Campur semua bahan jadi 1.

2. Nyalakan kompor, isi wajan penggorengan dengan minyak yg cukup.

3. Ambil adonan dengan tangan dan kucurkan dengan jari-jari sehingga adonan akan masuk ke dalam wajan bentuknya tetesan-tetesan adonan, yang nanti bisa disatukan dan dilipat. Karena diambil dengan jari dan dikucurkan, maka tangan masuk ke baskom adonan dan mengucurkan beberapa kali (bisa 6 kali atau lebih, tergantung selera).

4. Masak dengan api kecil sampai matang/kuning keemasan.

Selamat mencoba.





Wednesday, October 31, 2018

Cupcake DEBM friendly. Dibuat karena penasaran. Kata tetangga yang pesan cake marmer DEBM buatanku katanya enak. Jadi pas ada pesanan lagi aku buat adonan berlebih dan aku cetak bentuk cupcake. Setelah aku icip hmmm.. not bad. .

Mau buat sendiri ? Ini resepnya.






Cupcake DEBM friendly ala rina rinso


Bahan :
6 kuning telur
4 putih telur
12 sachet diabetasol
100 gr tepung kethobetic
200 gr blueband
10 gr cokelat bubuk

Cara membuat :
1. Kocok blueband dan diabetasol sampai mengembang dan pucat. Masukkan kuning telur satu persatu. Kocok rata.
2. Masukkan tepung. Aduk rata.
3. Kocok putih telur sampi kaku. Masukkan ke adonan telur. Aduk rata.
4. Ambil 1/3 adonan dan campur dengan cokelat bubuk.
5. Tuang adonan ke dalam loyang cupcake. Oven sampai matang.


Resep ini bisa untuk 6-8 cupcakeKarena menggunakan tepung kethobetic, jadi cupcake ini gak awet. Kalau hari itu tidak habis, masukkan ke lemari es. Saat akan dimakan di panaskan dulu. Enak disantap saat hangat.

Untuk yg keto, blueband diganti dengan butter.

Semoga bermanfaat.









Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino