Bolu Kukus Rainbow (Bolu kukus gundul) ala rina rinso

Friday, September 7, 2012


Bolu kukus yang tidak mekrok atau tidak mekar ini terinspirasi dari resep apam dot dot yg berbedar luas di negri jiran. Untuk orang yg selalu gagal membuat bolkus mekrok mungkin bisa menyiasati membuat apam dot dot ini. Sedangkan buatku ini adalah usaha ke-3 kalinya untuk membuat apam dot dot dan akhirnya berhasil. Yipppeee.. Ya, jadi selalu ini kalau aku akan membaut bolu kukus yg mingkem ini (dengan resep dari negri jiran juga) pasti selalu mekrok :(

Usaha yang ke tiga kalinya ini sekaligus aku manfaatkan untuk meramaikan event Rainbow weeks di milis NCC. Jadinya sambil membagi adonan menjadi 6 warna aku berharap hasilnya akan bagus yaitu bolu kukus yg mingkem. Dan ternyata harapanku terkabul, aku mendapatkan serangkaian bolu kukus yang mingkem, yg gundul, tetapi karena permukaan bolu kukus diberi warna pelangi jadinya juga gak kalah cantik dengan bolu kukus mekrok.

Nah untuk resepnya sih sambil lihat internet tapi yg ini versi aku ya.



Bahan :

7 butir telur (dingin, keluar dari kulkas)
500 gr terigu segitiga
450 gr gula
300 cc susu putih segar (ultra plain, dus biru, dingin keluar dari kulkas)
1 sdm emulsifier (sp 28, ovalet)
1 sdt vanila bubuk
pewarna makanan

Cara membuat :
1. Campur menjadi 1 telur, gula, terigu, vanila bubuk, susu cair, dan ovalet. Mikser selama 10 menit atau hingga adonan  kental.

2. Ambil 2 sendok sayur adonan putih, beri pewarna, aduk rata, masukkan ke dalam kantong plastik segitiga, sisihkan.

3. Panaskan dandang/klakat. Siapkan cetakan muffin/cupcake/cetakan khusus bolu kukus. Beri alas dan tuang adonan warna putih. kemudian beri warna pelangi dengan susunan mejikuhibiu.

4. Kukus dengan api kecil selama 10 menit.



Selamat mencoba. Semoga sukses.

Update :
Cara membuat motif pelangi di atas bolu kukus bisa dilihat di foto di bawah ini.


Tambahan :
Setelah beberapa kali mencoba dan selalu gagal (bolu kukus selalu mekar sempurna) maka kesimpulan sementara kesalahan ada pada suhu telur dan cairan (susu) yang tidak dingin. Maka dengan ini saya nyatakan bahwa kondisi TELUR dan SUSU dalam keadaan DINGIN KULKAS. Bukan dingin suhu ruang ya.

Selamat mencoba.

12 comments:

andhes said...

Wowww, lucu bgt mbak rinaaa, pasti enak...mau icip donk mbaaak :p

Rina Rinso said...

Boleh boleh. hayo kapan main ke rumah..

ch.win said...

Pagi mba rina. Barusan saya coba bikin dengan 2 telur dingin dari kulkas, 140 terigu, 50 susu cair dingin dari kulkas, 65 gula, emulsifier dan vanili sedikit, pewarnanya pake pasta coklat saja dibikin motif bunga plus taburan meses sedikit di tengah buat fillingnya.Hasilnya ngedom tapi kuenya keras dan padat kayak kebanyakan tepung kayak bantet gitu. Apakah hasil dari kue ini memang begini atau bagaimanakah hasil yang benar?
Thanks & salam bolkus gundul
Windy

Rina Rinso said...

mbak ch.win mohon maaf aku gak bisa ngasih komentar. Kalau mau coba aja buat sesuai resep. Kalau dirasa terlalu banyak buat setengah resep atau sepertiga resep aja dulu. Aku baca komposisi punya mbak gak sama dengan yg aku tulis. Misalnya utk terigu mbak pakai 140 gr (artinya hampir sepertiga dari resep) tetapi susu yg digunakan cuma 50 ml (artinya seperenam resep) jadi mbak gak konsisten membagi adonannya. Anyway selamat berkarya.

ch.win said...

Oiya mba. Salah perbandingan. Kok saya gak nyadar ya... Pantasan saja rasanya aneh... Patokannya kemaren mau bikin pake 2 telor dan dijadikan 1/4 resep... Kapan hari saya coba lagi deh. Masih penasaran dengan bentuknya yang mungil dan lucu... Thanks.

miaow said...

Mba rina, ini jadinya berapa cup ya?
2 sendok sayur yg diambil untuk diwarnai kira2 brp cc?
Terima kasih

Rina Rinso said...

mbak Miaow aku kemarin gak ngukur banyaknya 2 sendok sayur itu berapa cc, cuma seingetku 1 resep itu jadi 20-25 buah. Ntar deh kalau aku buat lagi aku ukur.

Febryani Chourmain said...

Hai mba.
saya baru saja bikin bolkus nya. Telor dan susu sudah dingin. Tp kenapa hanya 1 yg berhasil ya? Yg lain mekar semua. Saya pakai 1/2 resep saja. Kalau utk emulsifier saya pakai starkis apakah itu berpengaruh?

tyh said...

Pewarnanya pk merk apa mbak? Cakeppp amat.

Novita Handono said...

Ass. Mba rina.. Salam kenal ya.. Sudah beberapa x coba buat kue ini aku sll gatot.. Hiks.. Kl gak mekrok kuenya gak mateng bagian bwhnya.. Knapa ya mba.. Apa krn aku tambah filing selai strowberry di bagian tengah adonannya ya mba.. Jd mengukusnya jd lama (lebih dr 10 menit) yg menyebabkan kue jd mekrok

gloria cemerlang said...

Hi mbak rina, sy sdh coba beberapa x resepny tetapi knp mengkrok trs ya.sy coba,1/3 resep, tkr 3,terigu 215, susu 130,gula 190,sp 1sdt. Matengnya jd lama juga.mohon penerangannya. Trims. Amie

Amelia__Azzahra said...

assalamualaikum....maaf izin copy ya mba,untuk tugas sekolah.Makasih

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino