Perbedaan dan Persamaan Baking Soda dengan Baking Powder

Monday, July 18, 2011

Pasti yang suka coba-coba resep sering menemui kata-kata baking soda dan baking powder. Sebetulnya apa sih perbedaan dan persamaan 2 bahan kue yang bentuknya bubuk putih itu ?

Baking soda (atau soda kue) adalah bahan kue yang terdiri dari bahan kimia dengan nama natrium bikoarbonat.

Sedangkan baking powder adalah baking soda yang dicampur dengan 1-2 garam asam, misalnya monokalsium fosfat monohidrat, dikalsium dihidrat, natrium aluminium sulfat, dan lain-lain. Jangan tanya ke aku nama umumnya ya karena aku gak tahu..aku cuma menyalin dari buku Kalau Eienstein jadi Koki :)

Nah jadi sekarang sudah tahu kan perbedaan dasar dari bahan-bahan yang menyusun baking soda dengan baking powder.

Trus..trus..bagaimana dengan cara kerjanya ?

Nah,baking soda dan baking powder pada dasarnya memiliki kegunaan atau fungsi yang sama yaitu sebagai bahan pengembang. Baking soda dan baking powder membuat kue yang dipanggang bisa "naik". Karena saat baking soda atau baking powder bertemu dengan cairan, maka 2 zat kimia itu melepaskan gas CO2 atau karbondioksida ke dalam adonan basah tersebut. Gelembung-gelembung itu lah yang menyebabkan adonan kue menjadi "naik".

Tetapi ada perbedaan cara kerja 2 bahan tersebut.

Baking soda bekerja dalam lingkungan cairan yang asam seperti buttermilk, sour cream, dll.

Baking powder (yg bahannya baking soda + garam asam) dapat bekerja meskipun dalam resep tidak mengandung asam. Jadi meski tanpa sour cream atau buttermilk (bahan yg sifatnya asam) baking powder tetap dapatmenghasilkan gelembung pada adonan basah.

Lha trus kalau baking powder double acting (BPDA) itu apalagi ya..

Nah menurut si penulis, BPDA adalah baking powder yang bisa melepaskan gelembung gas CO2 saat adonan masih basah dan pada saat adonan dipanggang/dipanaskan. Oleh karena fungsinya menghasilkan gas dalam keadaan basah dan panas,maka biasanya diperlukan 2 bahan kimia yg berbeda yang bisa bekerja dalam kondisi seperti itu.

Kemudian apabila dalam 1 resep ada baking soda dan baking powder, maka sebetulnya yang mengembangkan adonan adalah baking powder. Akan tetapi apabila dalam adonan itu terdapat bahan lain yg sifatnya asam yg membuat keseimbangan terganggu, maka bikarbonat tambahan dalam baking soda bisa menetralkan kelebihan asam itu.

Rumit ya..??

Ya udah deh, daripada pusing sebaiknya sih turuti aja resep apa adanya, nanti kalau sudah tahu celah-celahnya baru deh bisa improvisasi ukuran baking soda dan baking powder atau tips dan trik menggantikannya, tetapi untuk saat ini ikuti aja saran dari resep.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino