Membuat Lolipop Coklat dengan Chocolate Transparance Transprint

Sunday, July 17, 2011

Tanggal 10 Juli ini SMP-ku di Surabaya membuat reuni untuk pertama kalinya sejak aku lulus SMP thn 1987. Karena setiap kali di facebook aku posting makanan melulu jadi setengah di todong bikin makanan pas acara. Tapi karena dapur di rumah mama-papa di Surabaya tidak memadai jadi aku cuma bisa membuat coklat lolipop dan cookies aja.

Kebetulan aku sedang tergila-gila dengan coklat transfer jadilah untuk lolipop kali ini aku menggunakan coklat transfer sheet itu. Coklat lolipop ini seluruhnya aku buat di Surabaya. Kebetulan juga bisa meotret untuk membuat step by step meskipun tidak sedetail step by step pembuatan coklat lolipop sebelumnya, tapi semoga bisa bermanfaat.



Pertama siapkan dulu coklat transfer sheet-nya.
Bentuknya mengingatkanku pada rugos. Tahu rugos kan ? Sederetan huruf atau gambar yg ada di selembar plastik dan kalau digosok-gosok pada suatu media maka gambarnya berpindah.
Nadh coklat transfer ini memiliki dasar seperti rugos itu. Mediany berupa plastik yg bening dan tinta-nya mudah lepas/rusak apabila tergores. Oleh karena itu hati-hati dalam menangani coklat transfer sheet ini.




Setelah itu gunting sesuai dengan bentuknya dan letakkan dalam posisi terbalik.
Maksudnya posisi tinta menghadap ke dalam sedangkan plastik ada di dasar cetakan. Karena begitu dituang dengan coklat cair maka tinta edible itu akan menempel pada coklat.



Setelah dituang dengan coklat cair, masukkan ke dalam kulkas dan biarkan hingga beku. Apabila sudah beku maka coklat dengan mudah dikeluarkan dari cetakan. Tapi ingat coklat lolipop ini belum siap dikemas, karena masih ada plastiknya kan.



Oleh karena itu langkah selanjutnya adalah melepas plastik 1 per 1 dari setiap lolipop yg jadi.
Setelah plastik dilepas maka cokalt lolipop siap di kemas.

Oh iya sebagai tambahan, aku pesan coklat transfer ini ke Jurike, bisa dilihat website-nya di sini. Semoga bisa menjawab berbagai pertanyaan tentang coklat transfer ini.



Dan inilah paket goodybag yg aku siapkan sewaktu reuni kemarin.

3 comments:

gajah_pesing said...

izin menggunakan gambarnya ya.. trims :)

Rina Rinso said...

Monggo..silahkan. semoga bermanfaat.

tijun said...

mbak untuk coklat warna warni yang bagus merk apa ya? (yg warnanya cerah/cling nggak kusem). Biar nggak nyebut merk di sini tlg email ke tijunhartanto@gmail.com. Makasih banyak

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino