Resep Empal Gepuk

Sunday, July 30, 2023

 Empal gepuk adalah salah satu makanan favoritku. Baru menemukan empal dengan genre ini saat tinggal di Bandung. Rasanya manis dan gurih, khas masakan Jawa, yang menurutku terasa aneh karena aku temukan di Bandung :)

Dulu pernah kejadian tiba-tiba aku gak bisa makan empal gepuk ini, karena mencium baunya yang harum membuatku mual :(

Eh ternyata hanya karena hormon pas lagi awal hamil aja :)

Begitu usia kandungan masuk ke trimester ke-2 alhamdulillah doyan lagi :)

Resep ini baru saja aku temukan di instagram gak sengaja, saat browsing untuk mencari resep memanfaatkan daging kurban. Dan terhenti di instagram punya @nadiaaspintari . Begitu lihat gambarnya langsung tertarik dan langsung aku coba, alhamdulillah hasilnya gak jauh beda dengan empal gepuk favoritku yang dijual di Bandung.

Kemudian setelah itu aku coba lagi sesuaikan dengan seleraku dan tadaaaaa inilah resep empal gepuk ala rina rinso. 

Selamat mencoba





Empal Gepuk ala rina rinso


Bahan : 

1 kg daging bagian gandik/kelapa

2 1/2 keping kecil gula merah, disisir

3 lembar daun salam

1 ruas jari lengkuas, di geprek

1 sdm bubuk kaldu sapi

1/2 sdm garam

1/2 sdt lada

75 ml santan instan

Air/kaldu rebusan daging


Bumbu halus :

10 siung bawang merah

6 siung bawang putih

6 butir kemiri sangrai

1 sdm ketumbar sangrai


Cara membuat :

1. Panaskan air sampi mendidih, kemudian masukkan daging sapi. Rebus hingga keluar busa-busa dari daging, buang busa-nya, kemudian tambah air dan daging di rebus hingga empuk (kemarin pakai presto 30 menit).

2. Setelah daging empuk, tiriskan daging, kemudian potong sesuai/searah serat, kemudian sematkan lidi di tengah dan gepuk/pukul sampai daging tipis. Letakkan potongan daging di wajan/panci untuk direbus kembali dengan bumbu halus.

3. Haluskan bahan-bahan bumbu halus, bisa ditambah dengan kaldu supaya bumbu halus. Kemudian masukkan ke dalam wajan/panci yang telah berisi daging gepuk. Masukkan juga gula merah, daun salam, lengkuas, bubuk kaldu sapi, garam, lada, santan, dan air kaldu rebusan daging. Masak semuanya dengan api kecil hingga air hampir habis. 

4. Setelah air tinggal sedikit angkat daging. Empal gepuk bisa disajikan dan dinikmati tanpa digoreng, atau bisa digoreng sebentar.


Catatan : Untuk menyimpannya, saya bungkus setiap 1 potong daging dengan 1 buah plastik dan simpan di dalam freezer. Dengan cara ini 



Hasil percobaan pertama kali re-cook resep dari @nadiaaspintari. Rasanya udah mirip dengan empal gepuk favoritku, tapi bentuk masih belum cakep, pakai daging bagian kurban.



Percobaan kedua, dagingnya di beri tusuk lidi di bagian tengah, kemudian digepuk hingga tipis melebar seperti empal gepuk favoritku :)


Hanya ada sedikit perubahan bumbu dan cara memasaknya.


Tadaaaaa ini dia empal gepuk percobaan kedua. Kata pak suami udah deket banget sama rasa empal gepuk favoritku itu.


Dan ini adalah cara menyimpan empal gepuk, dengan cara menyimpan seperti itu empal gepuk gak gampang hancur, lebih mudah untuk memanaskannya dan lebih praktis. Bisa di disimpan di freezer. Tahan berapa lama ? Belum tahu sampai kapan. Soalnya ini baru percobaan kedua dan belum lama :)




1 comments:

Nonez 42 said...

Sepertinya enak, izin nyoba resep empal gepuknya ya

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino