Membuat Donat

Sunday, April 26, 2009

Salah satu resep donat favoritku adalah yang aku ambil dari buku sedap. Meskipun waktu yang diperlukan untuk membuatnya lama, tapi benar-benar sebanding dengan hasilnya.

Supaya gak bingung resepnya klik di sini ya (dah males ngetik nih).

kebetulan tadi pagi aku membuat donat dan ingin sharing caraku membuat donat.

Oh iya, cara ini bisa juga dipakai kalau untuk membuat roti. Bedanya kalau donat penyelesaiannya adonan di goreng sedangkan kalau roti adonan di oven.



1. Siapkan bahan biang. Untuk mepermudah gunakan alat-alat untuk membantu misalnya sendok ukur yang standard. Bisa ngikur sampai 1/4 sendok teh.


2. Campur semua bahan biang. Aduk hingga rata. Biarkan selama 1 jam.


3. Sementara itu siapkan bahan B.


4. Campur terigu, gula, susu, ragi dan bahan biang A. Mulailah proses nguleni dilakukan.



5. Seperti aku tulis di atas, kalau bisa gunakan alat untuk mempermudah membuat. Seperti aku yang bisa membuat donat kalau ada mikser besar untuk nguleni. Kalau gak ada mikser ini mungkin aku gak akan pernah membuat donat, hehehe.
Jadi dengan mikser ini menggunakan hook.
katanya sih bisa juga pakai hand mikser biasa pakai yang ulir. Tapi aku belum pernah mencoba. Soalnya gimana mau mencoba 3 hand mikserku jebol semuanya, padahal gak aku pakai untuk kerja berat lho :(

Setelah tercampur, masukkan kuning telur. Kemudian lanjutkan putar miksernya.

Pada tahap ini masukkan air sedikit demi sedikit hingga bahan-bahan kering tadi menjadi suatu adonan yang bisa di uleni. Jangan terlalu basah. Oleh karena itu penambahan air dilakukan sedikit demi sedikit.




6. kalau adonan sudah tercampur rata masukkan mentega atau margarin. Uleni lagi hingga kalis.


7. Aku kurang tahu kalis yang sebetulnya itu seperti apa. Ada yg bilang kalau ditarik maka adonan tidak akan robek. Cuma setelah 10 menit aku uleni dengan mikser dan hasilnya seperti di atas itu, maka adonan sudah aku anggap kalis. Dan proses menguleni aku hentikan. Masukkan garam, kemudian aduk lagi 2 menit sampai kira-kira garam sudah tercampur rata di adonan.


8. Kemudian bulatkan adonan, tutup dengan lap basah dan simpan di tempat yang hangat dan lembab. Di resep tertulis untum mendiamkan selama 30 menit, tapi kalau aku melihat kondisi cuaca saat itu.


9. Adonan yang sudah mengembang kira-kira 2 kali ini dicapai setelah aku diamkan 45 menit.
Jadinya setelah 45 menit adonan aku kempiskan dan aku lakukan langkah berikutnya.


10. Mencetak adonan. Jadi adonan digiling/ditipiskan dengan rolling pin kemudian di cetak dengan cetakan donat.

11. Setelah itu kira-kira 1 resep bisa jadi segitu potong donat.

hasil yang sudah matang ntar dulu ya, kamera-nya lagi musuhan sama komputer jadi gak mau download nih :( nanti kalau sudah bisa di download akan aku update blog ini.

terima kasih sudah mampir. Mohon kritik dan sarannya.

3 comments:

Azura Suhaimi said...

Salam kenal mmbak... Saya sangat suka dengan resepi-resepi mmbak.

Chandra said...

Donat makanan fav saya,,,artikelnya bagus,,perlu d coba di rumah nich,,,makasi

rini said...

Mba, mau tanya. Alat pengaduk adonan yg ada di foto diatas, merk apa dan harga berapa? Manual atau listri,mba ?

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino