Rica Rodo

Monday, November 16, 2009

Ini salah satu makanan yang membuatku bertekuk lutut mau makan terong :))

Gak tahu kenapa aku gak seberapa nge-fans sama terong. Trus abis mencoba jenis sayur ini haduhhhh meski ada terong tetep aja aku sikat sampai habis.

Rica rodo buatan Bobara (Jl. margonda raya Depok) adalah favoritku, karena baru dimasak sesaat setelah kita pesan jadi frsh gitu. Cuma kalau kepingin rica rodo trus beli melulu bisa jebol nih kantongku, jadi akhirnya aku coba buat sendiri. Kebetulan di Saji ada resepnya. Rasanya sih lumayan, belum seenak di Bobara tapi aku juga gak akan kapok mengulang buat sendiri dengan resep ini. Selamat mencoba.





Rica rodo
Untuk 5 porsi

Bahan :
1 buah jagung manis, disisir
2 buah terong ungu, dipotong-potong
6 lonjor lacang panjang, potong 3 cm
25 gr daun melinjo
1 batang daun bawang dipotong 1/2 cm
2 tangkai daun kemangi (kalau aku sih lebih, soalnya suka harumnya)
1 batang serai. ambil putihnya, memarkan
4 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya, sobek-sobek
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
150 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
6 buah cabe rawit merah
1 cm jahe
1/2 sdt terasi, dibakar

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga harus. tambahkan jagung manis, terong, dan kacang panjang. Aduk sampai layu.
2. masukkan air, garam, dan gula pasir. masak sampai matang. Tambahkan daun melinjo, daun bawang, dan daun kemangi. Aduk rata. Sajikan.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino