Modeling Chocolate atau Coklat Modeling

Sunday, November 29, 2009



Cake coklat yang dilapis dengan coklat ganache atau Triple Chocolate Cake (TCC) adalah menu hit-nya Dapur Pochopa. Soalnya rata-rata anak-anak kan memang suka coklat.

Cake yang sudah enak, moist, gak seret di tenggorokan yang dilapisi dengan ganache coklat tentu menambah rasa yang hmmmm wuenak ;)

Tapi sayang cake dengan coklat untuk anak-anak kurang menarik karena warnanya terkesan "dull". Untungnya ada edible image yang bisa menaikkan pamor cake TCC ala dapur pochopa. Namun tetap saja pernak-pernik hiasan sebuah birthday cake kurang meriah kalau warnanya tidak khas anak-anak yang cerah ceria.

Kalau menggunakan coklat moulding sebagai hiasan kendalanya adalah kepentok dengan cetakan coklat, sehingga bentuk-betuknya menjadi terbatas. Kemudian terbersit ide untuk mencoba coklat modelling sebagai salah satu bahan untuk hiasan TCC.

Contoh penggunaan coklat modelling adalah pada 2 cake di atas. TCC yang sarat dengan coklat tidak bisa bersatu mesra dengan fondant yang punya sifat lentur yang mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Coklat ganache yang cinta kondisi dingin lemari es bertolak belakang dengan fondant yang bermusuhan dengan kulkas. Maka jadilah coklat modelling sebagai solusi untuk menghias TCC.

Akan tetapi sayang sekali keberadaan coklat modeling tidak seperti fondant. Kalau fondant mudah didapatkan di toko bahan kue, maka tidak begitu hal-nya dengan coklat modeling. Jadinya mau tidak mau mesti membuat sendiri bahan untuk coklat modeling.

Setelah browsing di dunia maya aku menemukan resep membuat coklat modeling yang cukup praktis (biasalah...trade mark-nya rina rinso kalau ada yg mudah dan enak kenapa mencari yang sulit ?) Bahannya tidak neko-neko dan waktu pembuatannya juga singkat, tetapi hasilnya (menurut anak-anak level 3 atau level kelasnya Nadya) patut dipujikan, dibandingkan dengan fondant. Resepnya aku dapatkan disini. Coba dilihat deh, mudah diikuti kan. Kalau masih bingung atau ragu-ragu, di bawah ini ada contoh pembuatan coklat modeling yang kebetulan aku buat kemarin.


Coklat Modeling ala kadarnya




Bahannya : coklat dan glukosa (soalnya aku gak punya light corn syrup, tp baca di resep lain glokusa bisa dipakai, jadinya ya aku pakai glukosa aja).

Di mangkok yang warna pink itu coklat dan yang bening di sebelahnya itu glukosa.

Untuk coklat modeling dari dark cooking chocolate :
200 gram dcc (dark cooking chocolate)
1/4 cup (60 ml) glukosa

Untuk white chocolate atau coklat yang sudah diwarnai atau yang ada warna dan rasa :
200 grams coklat putih
1 1/2 - 2 sendok makan glukosa

untuk jenis coklat yg lain klik di epicurious-nya langsung aja ya.




Caranya membuatnya : coklat dilelehkan. Bisa dengan cara di tim atau yang super duper praktis adalah pakai microwave.




Setelah coklat menjadi cair/leleh masukkan glukosa sesuai takaran ke dalam coklat cair. Aduk rata.

Hasilnya akan seperti di atas, berminyak. Tapi tidak apa-apa. teruskan saja sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian setelah itu masukkan ke dalam lemari es/kulkas sampai mengeras atau sekitar 2 jam.

Setelah keluar dari kulkas coklat modeling ini siap diuleni. Karena keras banget mungkin nguleni-nya sedikit demi sedikit saja.

TETAPI kalau gak sabaran seperti aku dan ingin nguleni dengan cepat caranya panaskan coklat modeling di microwave sekitar 5-10 detik, asal hangat aja, nanti akan mudah kok di uleni.

Oke deh. Selamat membuat.

UPDATE :

Aku membuat figurin di bawah ini dengan coklat modeling









untuk tips dan trik yg lebih lengkap mengenai coklat modeling ini bisa di lihat di link http://www.hungryhappenings.com/p/chocolate-making-tips.html

5 comments:

Anonymous said...

Assalamu alaikum Wr. Wb..
mo minta ijin buat copar resep coklat modellingnya ya mbak..

makasih..

endah said...

Assalamualaikum mba...
Salam kenal ya mba...aku izin copas resep coklat modellingnya ya...
Btw merk glukosa yang sudah bersertifikat halal dipasaran apa ya mba?
TQ ya sebelumnya..
Wassalamualaikum,
Endah

Tety said...

Mbak Rina aku copas ya resepnya, & TFS.

Anonymous said...

assalamualaikum..mba klo glucose sm fruktose itu sama g ya?klo pk simple syrup yg merk bogasari bs d pake g ya?makasi banyak udah share resepnya.. :)

Putri said...

Mba rina salam kenal. Makaci sdh share ilmunya ya. Seneeeeng bgt pas sekali cb resepnya lgs berhasil...yeay... Krn aku smpt browsing jg diwebsite lain, ada yg srh minyak dr coklatnya dibuang. Tp berkat blog mba rina, aku ga buang minyaknya krn tnpa minyaknya psti coklat akan sgt keras utk diuleni. Trims ya

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino