Ayam Ganemo

Wednesday, November 18, 2009


Ini resep dari Saji dengan tajuk Kreasi orang Sulawesi Utara. Berhubung aku lagi suka makanan manado jadi aku cobalah resep yg ada di tabloid itu. Enak, cuma tidak dapat bintang 5 :)
Tapi siapa tahu ada yang berminat. Ini resepnya aku tulis di sini, sekalian buat arsipku daripada mesti membongkar tumpukan tabloid ;)



Ayam Ganemo
Untuk 10 buah

Bahan :
1 ekor ayam, potong jadi 10 bagian (kalau aku sih paha semuanya kira-kira 2 pasang hehehe)
25 gr daun melinjo, potong (kalau aku dibanyakin, karena aku suka melinjo, hati-hati yg punya asam urat ya)
4 tangkai kemangi, dipetiki
4 batang daun bawang, potong 1 cm
3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
8 lembar daun jeruk, ambil tulangnya sobek-sobek
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
300 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu, tumbuk kasar :
12 cane hijau besar
8 butir bawang merah

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan 1/2 sdt garam dan 1 sdt air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun bawang, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tmbahkan ayam, aduk sampai ayam berubah warna.
3. Masukkan air, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. tambahkan daun melinjo. Masak sampai layu.
4. Menjelang diangkat masukkan daun kemangi. Aduk rata.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino