Zuppa Soup ala rina rinso

Sunday, June 27, 2010

Zuppa soup adalah salah satu menu one dish meal yang Nadya dan Ivan suka banget. Apapun yang ada di dalam cream soup itu, asalkan dikemas dengan puff pastry yang cantik, maka Ivan dan Nadya tanpa banyak cincong akan melahapnya. Semua jenis sayur mayur yang ada di situ akan dikunyah tanpa banyak tanya. Berbeda jauh kalau mesti makan sup dan nasi, susah banget sayura mayur masuk.

Secara Ivan dan Nadya suka sama Zuppa Soup, jadinya menu ini jadi menu andalan kalau dalam suatu rentang waktu Ivan dan Nadya ogah makan sayur.


Hari Minggu ini cream soup-nya aku buat dari ayam (bagian paha, favorit-ku dan keluarga kecilku), jamur (pakai yg jamur kaleng) dan jagung manis (beli utuh trus di sisir dan di rebus).

Untuk resepnya aku pakai seperti ini.

Sup Krim Jamur dan Jagung

Bahan :

2 siung bawang putih, cincang halus
1 buang bawang bombay, iris kasar.
1 kaleng jamur, potong
fillet ayam bagian paha 3 buah ( 3 paha atas dan 3 paha bawah)
2 buah jagung manis, di sisir kemudian direbus
3 sdm terpung terigu
Susu cair (misalnya susu Ultra yg plain)
Kaldu
garam, merica dan sedikit gula.
Margarin dan minyak untuk menumis
Penyedap rasa tanpa MSG (bisa di skip)

Cara membuat :

1. Masukkan 1 sdm margarin dan 1 sdm minyak goreng ke dalam penggorengan, panaskan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

2. Setelah harum masukkan potongan ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna.

3. Setelah ayam berubah warna masukkan jamur dan jagung.

4. Kemudian masukkan tepung terigu, aduk sampai rata dan matang. Tandanya sudah tidak ada lagi bentuk terigu (warna putih) di penggorengan.

5. Masukkan susu sedikit demi sedikit supaya tidak bergerindil. Jumlah cairan (susu dan kaldu) di sesuaikan dengan selera. Karena tujuanku supaya anak-anak kenyang makan dan bukan minum cairan sup, jadi aku buat krim sup-nya kental dan cenderung tidak berkuah. Tapi kalau membuat krim sup untuk di cocol dengan roti aku pilih krim sup yang berkuah banyak.

6. Setelah semuanya matang tambahkan garam, merica, dan sedikit gula. Apabila mau bisa ditambahkan penyedap rasa. Sup nya sudah siap. Sekarang tinggal di susun dengan puff pastry.

Sampai saat ini aku belum pernah membuat puff pastry sendiri, yang aku lakukan adalah beli jadi di toko bahan kue Titan di jl. Fatmawati.



Caranya seperti di atas. 1 resep sup tadi itu pas untuk 10 buah aluminium foil oval personal. Pas juga dengan jumlah puff pastry yang sudah dipotong ukuran 13 x 13 sebanyak 10 lembar.

Masukkan sup ke dalam aluminium foil, kemudian tutup dengan puff pastry.

Kemudian panggang dengan suhu 180 derajat selama 15-20 menit.


Kalau sudah matang hasinya kira-kira seperti di atas itu.
Barisan yang dekat dengan tembok puff pastry-nya kurang mengembang karena panas oven-ku tidak rata. Bagian itu kurang mendapatkan panas. Sedangkan barisan yang jauh dari tembok mengembang dengan cantik puff pastry-nya karena suhu oven-nya pas.

Nah... aku sudah sharing resep zuppa soup ala rina rinso, semoga bisa jadi inspirasi.

Selamat memasak.

Update 14-3-2011.

Kalau ingin praktis, sementara di rumah gak ada asisten, zuppa soup aku jadikan main course-nya. Karena main course jadi jumlahnya harus lebih banyak daripada porsi sup biasa. Karena porsinya lebih besar jadi mesti menggunakan mangkok yg lebih besar.



Mangkok di bawah itu sebetulnya ukurannya biasa tetapi tidak biasa untuk zuppa soup. Loyang sebagai alasnya itu ukuran 20x20 jadi bisa dibayangkan kan besarnya si mangkok.

Karena alasan praktis puff pastry Edo langsung aku patahkan (puff pastry Edo dilipat lagi menjadi 4 lembar ukuran 20 x 20) dan langsung aku letakkan di atas mangkok.

Gak pakai di beri perekat, bahkan bagian atas juga gak dikasih apa-apa (karena bak cuci piring nanti makin menggunung kalau mesti mecahin telur dan menggunakan kuas untuk mengoles di atas puff pastry).

Setelah siap, aku oven dengan suhu tinggi (200 derajat) selama 15-20 menit.



Hasilnya seperti gunung mau meletus....

3 comments:

mysha said...

masuk wishlist...
bakal praktek setelah otrik kebeli :P

Ulin nuha said...

ijin share mbak

Rina Rinso said...

silahkan di share mbak

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino