Burger ala Rina rinso

Saturday, May 9, 2009


Hari ini ayah mau bersepeda ke UI sama temen-temennya dan sekalian ngajak Nadya. Trus aku juga mau ikut sama Ivan. Biar ntar di UI gak kelaparan, aku bikin bekal yg praktis. Rencananya sih mau piknik. Bikin burger. Cuma beberapa kali beri bun burger yang kosong kurang memuaskan. Yang punya Sari Roti terlalu tipis, yang punya Giant kasar dan gak enak rotinya. Akhirnya aku coba membuat bun burger-nya sendiri.

Karena aku sudah biasa pakai resep yang biasa (duila...bukannya somse ya) jadi kali ini nyoba resep yang memerlukan biang dan waktu pembuatan yang agak lama. Aku berharap hasilnya aka sama enaknya seperti donat sedap yang sekarang jadi donat favorit di rumah.

Resep roti bun-nya aku ambil dari buku Variasi Roti Lezat dan Canti 2 keluaran Sedap. sedangkan patty-nya aku terinspirasi dari Kid's Cookbook buku masak anak-anak hadiah dari Arfi.

Bun Burger diambil dari resep Roti Dasar dengan Biang.

Bahan A :
250 gr terigu protein tinggi
1,5 sendok teh ragi instan
1 butir telur
150 susu cair dingin (aslinya 100 ml susu dan 50 ml air dingin) tapi aku males ngukur lagi jadi pakai susu dingin aja, lebih gampang dan praktis soalnya di kulkas hampir selalu ada susu dingin.

Bahan B :
200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein sedang
100 gr gula pasir
140 gr es serut (kalau aku, es batu trus aku pukul/tumbuk)
50 gr margarin
1 sdt garam

2 sdm susu evaporated untuk olesan (kebetulan lagi ada susu evaporated yg terbuka di kulkas jadi aku pakai, ternyata roti yg dioles pakai susu evaporated memang lebih cantik lho).

Cara membuat :
1. Campur terigu dan ragi insta, sisihkan. Campur telur dan susu, aduk rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran terigu dan ragi. Uleni sampai kalis. Diamkan selama 1 jam.
3. Setelah 1 jam, campur bahan A dengan terigu dan gula (dari bahan B). Aduk rata. Tambahkan serutan es. Uleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan selama 1 jam.
4. Setelah adonan mengembang 2 kali (bisa lebih dari 1 jam kalau udara lagi mendung) kempiskan adonan. Timbang masing-masing adonan menjadi kurang lebih 40 gr. diamkan 10 menit. Adonan siap dibentuk.
5. Kempiskan adonan. Bentuk bulat (untuk burger bun). Diamkan 60 menit.
6. Oles dengan susu evaporated.
7. Oven 12 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

1 resep ini menurut buku bisa jadi 24 buah, tapi aku cuma jadi 22. Bun ukuran segini agak tanggung menurutku, karena kurang besar. jadi kalau makan 1 kurang tpai kalau makan 2 kebanyakan. Mungkin next time aku buat 60 gr aja per roti jadi roti-nya lebih besar.

UPDATE :

Aku punya resep burger bun yang lebih mantaaaapppp. Bagian dalamnya lembut tapi di luarnya kering dan crispy.
Bisa dilihat di halaman yang ini ya.
Semoga bermanfaat.



Patty

Bahan :

750 gr daging cincang
1 buah bawang bombay yg besar, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1,5 sdm kecap inggris
3 lembar roti tawar, cabik-cabik, rendam dalam air, setelah lumak peras dan masukkan ke dalam campuran daging
3 butir telur ayam
garam dan merica sesuai selera

Cara membuat :

1. Campur daging cincang dengan semua bahan.
2. Bagi menjadi 12 buah bulatan.
3. Panaskan wajan datar dan masak sampai matang di atas wajan tanpa minyak.


Bahan pelengkap :

mentimun
daun selada
tomat
bawang bombay, iris bentuk cincin
saoa tomat
mayonaise


Nadya makan 1 burger sebelum bersepeda sama ayah keliling UI. Dan 1 lagi setelah bersepeda.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino