Pengalaman Baru Jadi Koki di DAAI TV

Monday, May 24, 2010








Alhamdulillah di akhir bulan ini aku punya pengalaman baru. Pengalaman di bidang penyiaran. Yup.. tapi bukan sebagai presenter atau apanya ya, aku membantu di persiapan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan di acara "Koki Kecil" yang di buat oleh DAAI-TV.

Untuk pertama kalinya ini banyak sekali pelajaran yang aku ambil. Misalnya :

1. Jangan sok tahu

Awalnya dari email resep yang dikirim sama produser. Aku lihat dan langsung aku kerjakan tanpa banyak tanya. Meskipun menurutku ada yang aneh aku gak banyak tanya. Ternyata....aku keliru besar. Email yang aku print tidak ada gambarnya sementara email yang dikirim ada gambarnya. Seharusnya aku men-download email dan bukannya view attachment from email. Dodol garut... walhasil aku mengerjakan dan memotret semua contoh makanan tanpa contoh :(
Jangan heran kalau hasilnya tidak memuaskan :(


2. Penampilan itu penting.

Aduhhhh... sepertinya sejak dahulu aku meletakkan penampilan ada di urutan ke 100 atau ke 1000 dari daftar prioritasku. Makanya ya jangan heran kalau penampilanku itu sama sekali gak matching antara jilbab, baju atasan dan rok yang aku kenakan hahahaha.... bener-bener amburadul dah.

Waaaa jadi malu, nulisnya belum selesai udah di klik post dan udah dikasih komentar sana Hanny. makasih ya Han... jadi malu nih.

Jadi sebetulnya yang juga perlu penampilan cantik dan menarik adalah apa yang akan disajikan kepada pemirsa televisi.

Misalnya untuk tomat, pilih yang warnanya merah ranum. Meski ada sedikit bagian yang cacat tidak apa-apa. bagian yang cacat bisa di sembunyikan dengan tomat yang lain. Asalkan yang terkena sorot kamera adalah bagian tomat yang merah dan ranum.

Supaya menarik, volumenya di perbanyak. Jadi meskipun di resep tertulis 50 ml susu segar, tetapi supaya tampil menarik saat di sorot oleh kamera dan enak dilihat oleh pemirsa, maka susu yang di tuang ke dalam gelas ukur sebanyak 200 ml. Hal ini berakibat pada bahan-bahan lain yang sebetulnya hanya untuk garnish aja seperti olive, tomat ceri, pasta farfalle, dll.

Jadi dari situ aku ambil kesimpulan, penampilan memang penting untuk di sorot oleh kamera.


3. Siapkan semuanya dengan teliti.

Karena keteledoranku kurang teliti menyiapkan bahan dari rumah, membuat sang produser turun tangan ikut belanja bahan-bahan yang tidak aku bawa... maaf ya.

Itulah beberapa pelajaran yang aku ambil. Selebihnya benar-benar pengalaman baru yang tak terlupakan.

Resep-resepnya menyusul ya.

1 comments:

lovetobake said...

Mba mo pake apapun tetap cantik kok ;). Tetap Semangat ya!

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino