Donat Kentang Enak dan Empuk

Sunday, May 30, 2010


Resep donat kentang ini hasilnya empuuuukk..lembut....dan enak. Dan yg paling penting cuma pakai terigu segitiga biru (terigu serbaguna). Maklum terigu protein tinggi-ku (cakra kembar) sudah habis dan males keluar rumah.

Resep aslinya aku dapat dari blog-nya mbak Amalia . Terima kasih mbak udah sharing resep "rahasia keluarga" semoga selalu berkah bagi semuanya. Amin.

Ini dia resep yang aku buat ala aku.

Donat Kentang Enak dan Empuk ala rina rinso

Bahan :

300 gr kentang, rebus, haluskan
400 gr terigu segitiga biru (serba guna)
2 butir telur antero
1 1/2 sdt ragi instan
75 gr gula pasir
75 gr mentega/butter
1 sdt garam

Cara membuat :

1. Campur jadi 1 semua bahan kecuali mentega dan garam. Kemudian di uleni hingga tercampur rata. Setelah tercampur dengan rata semua bahan masukkan mentega dan uleni lagi hingga kalis dan elastis. Setelah itu tambahkan garam. Uleni lagi hingga rata. Adonan akan sedikit lengket tetapi tidak apa-apa. Bisa ditambah dengan terigu hingga tidak lengket, atau tetap agak lengket seperti itu tergantung selera. Kalau ditambah terigu ada kemungkinan donat akan sedikit keras.

2. Setelah adonan donat kalis dan elastis bulatkan adonan dan diamkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.

3. Setelah didiamkan 1 jam, kempiskan adonan. Kemudian ambil 40-50 gr adonan dan bulat-bulatkan. Adonan akan sedikit sulit dibulatkan karena lengket. Hal ini bisa diatasi dengan melumuri tangan dengan terigu sebelum memegang adonan. Setelah semua adonan Tutup dengan kain/serbet. Diamkan 1 jam.

4. Setelah didiamkan 1 jam, adonan akan mengembang. Siapkan wajan dengan minyak panas sedang. Lubangi adonan dengan cara meletakkan jari di tengah kemudian buka adonan. Adonan tidak perlu diputar-putar di tangan karena sangat lembek dan bisa lengket di tangan. Goreng donat hingga kecoklatan.

5. Hasilnya donat kentang yang wuenak, empuk...ah... bisa jadi resep favorit nih.

Selamat mencoba semoga sukses dan mendapatkan hasil seperti yang aku dapat hari ini.

1 comments:

Chandra said...

perlu dicoba dirumah nich......terima kasih y atas infonya

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino