Ayam Kung Pao ala rina rinso

Wednesday, August 19, 2009

Hari Senin tgl 17 Agustus kemarin Nadya ikutan latihan menghias cupcake dan cookies yang diadakan sama mbak Ani di kompleks rumahnya di Gema Pesona. Selain mendapatkan cookies dan cupacke rupanya ada demo masak juga dari Sharp yg menampilkan chef Rudy (netter milis Orange Kitchen juga). Resep yang ditampilkan adalah makanan yang bisa dimasak menggunakan magic jar alias rice cooker. Selain nugget dengan white sauce atau bechamel sauce ada juga ayam kung pao.

Nadya sudah oke dengan bechamel sauce dan ayam kung pao-nya, jadi malam ini aku mau membuat ayam kung pao. Karena gak punya buku resepnya Rudy jadi aku search di internet.

Pakem dari ayamkung pao adalah cabe kering dan kacang mede. Secara dirumah 2 bahan penting itu gak ada jadinya ya bikin ayam kung pao ala rina rinso aja deh. Bumbunya menggunakan yg ada di rumah. Semuanya masuk dan cemplung dengan takaran kira-kira seperti di bawah ini.




Ayam Kung Pao ala rina rinso

Bahan :

ayam fillet, paling enak sih bagian paha, potong sesuai selera.
bisa dipotong memanjang bentuk strip, atau bentuk bite size kotak.
Ayam yang sudah dipotong direndam dengan saus marinade ayam selama kurang lebih 30 menit.


Saus untuk marinade ayam :

1 sdm kecap asin
5 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
2 sdm kecap ikan
3 sdm saus tiram
2 sdm tepung tapioka


Bumbu :

3 siung bawang putih, cincang
1 buah bawang bombay, iris memanjang
1 buah paprika, potong kotak
merica hitam, tumbuk kasar

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay den paprika. Masak hingga bawang bombay dan paprika layu.
2. Masukkan ayam yang seudah direndam bersama dengan bumbu rendamannya. Masak hingga berubah warna. Aku lebih suka ayam yg juicy karena itu tidak perlu diungkep terlalu lama. Asalkan semua ayam sudah matang segera angkat. Taburi dengan merica hitam. Aduk rata dan siap dihidangkan.


Nadya dan Ivan sedang antri di belakang 1 piring ayam kung pao-nya. Nadya sudah tidak sabar untuk nambah ayam kung pao-nya lagi. Sedangkan Ivan melarang sang kakak mengambil ayam kung pao yang sedang di foto sama bundanya :)

Lucu.

Dan semoga bisa menjadi inspirasi.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino