Tahu Aci dan Cireng

Friday, March 22, 2013

Kalau dilihat-lihat makanan ini benernya gak istimewa banget, cuma tahu dikasih aci/kanji di bagian atasnya, apalagi cireng yg cuma adonan aci/kanji dan digoreng, tapi entah kenapa aku suka banget dengan cireng ini, tahu aci-pun aku doyan karena ada aci di bagian atasnya :))

Sejak kenal cireng di bandung, gorengan itu menjadi salah satu jajanan favorit selain bala-bala.

Trusss pas weekend di bandung dan menginap di rumah Ajeng (istrinya Fariz, adikku yg bungsu), ibunya Ajeng pagi-pagi buatin kita tahu aci ini. Sewaktu ku icip wah enak banget. Jadi gagal deh progrm sarapan nge-shake hari itu hehehehe tapi gpp karena hasilnya adalah...jreng jreng jreng...aku bisa bikin tahu aci dan cireng. Alhamdulillah. Dan sejak saat itu aku kesenengan bikinnya.

Sewaktu di rumah Ajeng, ibu cuma ngasih tahu bahan-bahannya aja tapi tanpa ukuran. Nah supaya yg suka cireng dan aci pada bisa bikin seperti aku, maka aku coba deh ngukur bahan-bahannya, semoga bermanfaat ya.

Oh iya sengaja aku ukur-ukur komposisi bahan-bahannya soalnya resep ini aku ikutkan ke even NCC Weeks Jajanan Tradisional Indonesia dan resepku di loloskan oleh trio host-nya sebagai salah satu jajanan tradisional indonesia.Sebagai hadiahnya aku dikasih badge yg lucu.

Tanpa banyak kata lagi ini nih bahan-bahannya.


 

Tahu Aci dan Cireng

Bahan :

Tahu yg enak (menurutku yg paling enak itu tahu susu lembang bandung)

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 150 gr aci/kanji
  • 1 buah bawang daun, iris bagian hijau-nya
  • 75 ml air (bisa kurang bisa lebih)
  • 1 buah tahu (kurang lebih ukuran 5x5x2 cm), haluskan
  • Minyak untuk menggoreng

  • Cara membuat :
  • 1. Haluskan bawang putih dan garam. Masukkan ke dalam wadah. Campur dengan tahu yg sudah dihaluskan dan irisan daun bawang.
  • 2. Campur dengan aci/kanji dan beri air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa di pulung.
  • 3.Potong tahu diagonal, beri adonan aci di satu sisi-nya. Goreng dalam minyak yg sudah dipanaskan.
  • 4. Goreng hingga matang. Tahu aci bisa disantap dengan cabe rawit.


Untuk membuat cireng, cukup goreng adonan aci. Caranya ambil adonan kurang lebih 1 sendok, pipihkan, kemudian goreng dalam minyak panas, goreng hingga matang.

Dan setelah setor resep itu dapat deh bagde-nya :)


1 comments:

Karya Kreasi With Love said...

mb rina sy mo tanya?, itu aer yg dipake buat nguleni acinya pke aer biasa ya atau harus aer panas?, soalnya sy pernah coba pake' aer biasa tapi adonannya gak bisa dibentuk tapi patah2 mb..
atau adonannya dibuat agak encer?
maaf ya mb sy byk tanya, heee..

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino