Roti Isi Keju dan Roti Isi Creamcheese

Tuesday, January 4, 2011


Beberapa hari yang lalu aku buat roti isi keju (plus susu sih).
Rasanya hmmmm enak...
Resep isiannya terinspirasi dari buku Sedap. Variasi Roti lezat dan cantik 2.
Buku ini aku beli di Blok M plaza sambil jalan-jalan pas lagi hamil Ivan 8 bulan.
Meski sudah lama beli buku ini tapi aku baru praktek akhir-akhir ini aja terutama pas bisa beli Puratos Otentic Dolce yang bisa bikin roti empuk dan lembut.... :) *mestinya aku dikasih komisi nih sama Puratos*

Ini resep.



Roti Isi Keju ala rina rinso

Bahan Roti :

500 gr terigu
40 gr Puratos otentic Dolce
100 gr gula
1 butir telur
75 gr mentega /margarin
1 sdt garam
225- 250 gr air/susu



Bahan Isi :

100 gr mentega tawar (mis. orchid, anchor, elle and vire)
50 gr gula halus
1 butir telur
40 gr susu bubuk
150 gr keju cheddar parut



Cara membuat. (step by step-nya bisa di sini )

Roti.
  1. Campur terigu, telur, gula, mentega/margarin, otentic dolce, aduk rata.
  2. Setelah rata masukkan air/susu sedikit demi sedikit hingga tercapai kondisi adonan yang tidak kering tetapi juga tidak basah. Masukkan garam.
  3. Uleni hingga kalis elastis.
  4. Setelah kalis elastis diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
  5. Kempiskan adonan. Timbang adonan 40 gr (atau tergantung selera, atau gak di timbang juga tidak apa-apa, cuma dengan ditimbang besar roti kurang lebih akan sama rata). Kemudian beri isian, bulatkan.
  6. Istirahatkan lagi adonan yang sudah ada isinya, kurang lebih 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.
  7. Setelah adonan mengembang beri olesa. Olesan roti yang paling kinclong hasilnya adalah susu evaporated, tetapi kalau tidak ada itu olesan apapun hasilnya tetap enak. Bisa telur, susu cair biasa, atau susu+telur, tergantung selera.
  8. Panggang dalam oven suhu 190 derajat selama 12 menit atau hingga matang.


Isian.

Masukkan semua bahan ke dalam wadah. Kocok hingga rata. Masukkan ke dalam kantong segitiga. Simpan dalam lemari es supaya beku dan mudah di isikan ke dalam adonan roti.



Nah kemudian hari ini aku baut roti lagi dan seperti biasa aku buat 2 macam isian. Isi coklat ganache dan isi keju. Cuma pas lihat di pantry persediaan keju kraft-ku habis. Mau ke Alfamart atau Indomart ( di sini 2 minimarket itu bersebelahan lho..hehehe dimana ada Alfamart di situ ada Indomart) tapi males banget. Akhirnya aku pakai creamcheese aja yang ada di kulkas.



Ini nih roti isi creamcheese.
Resepnya sama plek dengan yang resep isian di atas, tapi keju kraft-nya aku ganti dengan creamcheese.
Menurutku sih terlalu manis, tetapi menurut number 1 customerku alias ayangku (hehehe emang hanya yg pacaran aja yg boleh panggil ayangku...) sih enak. Sip deh. Jadi siapa tahu bisa jadi ide atau masukan kalau punya creamcheese tapi males buat cheesecake.


0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino