Bolu Sakura

Saturday, February 20, 2010



Aku kenal bolu sakura di masa kecilku. Jajanan dengan citarasa karamel yang sederhana ini menurutku istimewa. Istimewa karena rasanya tidak hanya manis seperti bolu kukus pada umumnya. Ada rasa karamel yang membuatnya berbeda.

Kemudian di tahun 2000-an saat aku sudah menikah dan mulai nguplek di dapur aku menemukan resep bolu sakura di majalah Femina dan aku coba membuatnya karena menurutku relatif mudah. Alhamdulillah langsung sukses cuma bolu sakuraku terlalu membumbung tinggi karena di resep di tulis untuk menuang adonan ke cetakan hingga penuh. Bahkan aku pernah juga jualan bolu sakura di TK tempat Nuy mengajar (di daerah Sadang Serang ya Nuy, sekolah apa ya...??)

Tetapi sayang seribu sayang setelah itu aku jarang membuatnya karena :

1. 1 resep ini bisa menghasilkan 50 buah bolu sakura
2. penduduk di rumahku tidak banyak
3. alat dapurku terbatas jadi memakan waktu yg lama sekali untuk mematangkan bolu sakura ini.
4. cetakan bolu sakuraku lama-lama raib entah kemana.

Kemudian tahun berganti tahun akhirnya hampir 10 tahun sejak aku mencatat resep itu aku kembali buat bolu sakura. Terima kasih kepada Novia yang sudah mengirim hadiah yang tak ternilai harganya ini. Hanya Allah swt yang bisa membalas kebaikanmu itu.

Kemudian ada klakat punya bu Uning yang masih ada di rumahku, terima kasih banyak bu Uning. Sekali lagi hanya Allah swt yang bisa membalas kebaikanmu. Soalnya dari klakat itu sudah banyak yang buat aku bahagia, antara lain buat ayam kodok :)

Nah tanpa banyak cincong ini dia resepnya, mungkin sudah banyak beredar di internet ya, tapi gpp, di sini aku tambahkan tips dan trik-ku yang semoga bermanfaat.





Bolu Sakura
Femina 39/XXVIII Oktober 2000


Bahan :
500 gr gula pasir
500 ml air matang
220 ml telur ayam (4 butir telur ukuran sedang)
100 mentega lelehkan

Ayak :
450 gr terigu gluten sedang (misalnya segitiga biru)
1 sdm baking powder
1 sdm soda kue

Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolu sakura, semir dengan mentega hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan. Atau kalau mau gampang oles aja dengan pengoles loyang (carlo atau palmia) lebih praktis dan mudah serta cepat :)

2. Masak 250 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. Nah kemarin tidak semua gula jadi karamel tetapi sudah aku tuang dengan air. Kemudian di akhir pemasakan karamel ini aku aduk untuk melarutkan sisa-sisa karamel yang ada di panci.

3. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata. Saat ini adonan akan encer banget tapi gak perlu khawatir.

4. Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan mentega cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

porsi : bisa untuk lebih dari 50 buah bolu sakura.

2 comments:

novia said...

naaaaaa .... akhire ketemu dengan foto bolu sakurane. apik dan jelas ketok enak. ketok enak soale jelas nggak keduman :(

lydia saja said...

Mba...di aq koq kaya sepet2 gmana gtu. Apa takaran sodanya gak benar ya?
Klo pingin pakai bumbu spekuk, kira2 takaranya brp bnyk ya mba utk uk.resep di atas?
Mksh

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino