Tiramisu ala rina rinso

Monday, January 11, 2010

Di tahun 97 sempat aku baca resep di majalah Femina "Cake cantik ala hotel" salah satunya adalah Tiramisu. Saat itu aku hanya bisa membayangkan apa rasa tiramisu. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga aku icip-icip tiramisu dan bahkan bisa membuatnya sendiri di dapurku.

Banyak resep tiramisu yang beredar tapi aku lebih suka dengan resep yang ini. Resepnya aku modifikasi dari majalah Santap. Relatif praktis karena gak pakai telur.

Semoga cocok.






Tiramisu Torte ala rina
Untuk ukuran loyang diameter 22 cm

Cake/lady fingers
5 putih telur
5 kuning telur
125 g tepung terigu segitiga
125 g gula

Kocok putih telur dan gula sampe kaku, kemudian masukkan kuning telur yg udah dikocok lepas. Terakhir masukkan terigu, aduk rata. Tuang ke dalam 2 buah loyang bulat diameter 22 cm yang sudah dioles mentega dan dialas dengan kertas roti. Oven hingga matang.


Sirop Kopi.
500 ml air
2 sdt kopi bubuk instan
4 sdm gula pasir
Larutkan kopi dan gula dalam air.


Adonan keju krim.
300 ml whipcream
500 gr keju mascarpone
60 gr gula bubuk @
Kocok whipedcream dan gula hingga kaku, kemudian masukkan keju mascarpone, kocok dengan kecepatan rendah. Beri beberapa sendok larutan sirup kopi (tergantung selera). Kemudian bagi adonan keju krim menjadi 2 bagian.

Cara menyusun.
Siapkan loyang bongkar pasang *
Bagian paling dasar letakkan 1 lembar sponge cake/lady fingers. Perciki dengan 1/2 bagian sirup kopi. Masukkan 1/2 bagian krim keju, ratakan. Kemudian letakkan lembar sponge cake/lady fingres berikutnya. Perciki dengan sisa sirup kopi. Terakhir masukkan sisa krim keju. Untuk hiasan bisa ditambahkan whipcream yang sudah dikocok kaku.
Masukkan ke dalam lemari es hingga mengeras. Kemudian lepaskan loyang dan siap dihias atau bisa juga langsung dinikmati.

tips dan trik :
* pas aku buat ini loyang bongkar pasang-ku yg cuma satu-satunya sedang aku pakai untuk membuat cheesecake, jadi akhirnya aku berteriak minta tolong ke milis dan alhamdulillah dapat jawaban jitu. Pertama ke tukang fotokopi beli plastik sampul buku. Kalau ternyata plastiknya tipis dan dikhawtirkan tidak bisa mengikat tiramisu lapisi dengan kertas karton. Nah kemarin yang aku lakukan adalah kertas karton yg ada di rumah aku beri lapisan plastik sampul dan kemudian tiramisu aku susun dan alhamdulillah jadi.

@ kalau menggunakan whipcream yang non-dairy gula ini bisa di skip, soalnya biasanya whipcream yang non-dairy sudah berasa manis.



1 comments:

L said...

Mba rina, makasih resepnya ya.
nanya ni, sebenernya plastik yg biasanya dipake utk lapisan luar tiramisu itu apa namanya? Di TBK biasanya jual ga?

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino