Ayam Panggang ala Mama

Saturday, October 31, 2009


Pas mau memanfaatkan happycall tiba-tiba aku ingat ayam panggang buatan Mama. Ayam panggang yang berwarna merah di hias dengan seleret warna hitam karena gosong (ayam-nya dibakar di atas bara api) ditingkahi dengan harumnya bumbu yang matang karena terbakar hmmmm... langsung deh telpon mama dan langsung aku interogasi bumbu ayam panggang ala Mama. Ternyata bumbunya tidak terlalu ribet, bahkan cenderung sederhana.



Ayam Panggang ala Mama (dikerjakan ala rina rinso)

Bahan :
1 ekor ayam, potong sesuai selera

Bumbu :
5 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar, buang bijinya
5 butir kemiri, sangrai
kencur, seujung kuku (sedikit aja, hanya untuk harum)
air asam jawa (cuma tadi aku ganti pakai air perasan jeruk nipis)
garam, gula sesuai selera
5 lembar daun jeruk purut

Cara membuat :
1. Bersihkan ayam.
2. Semua bumbu dihaluskan, kecuali daun jeruk purut. kalau pakai blender beri sedikit air (kira-kira setangah gelas) dan sedikit minyak goreng (sekitar 1 sdm).
3. Oleskan bumbu halus ke ayam, ratakan. Diamkan. Makin lama didiamkan makin meresap bumbunya. Tadi aku rendam selama 8 jam. Bagian paha bumbunya sudah meresap tapi bagian dada belum. Next time mau mencoba aku rendam selama sehari semalan :)
4. Tuang ke dalam happycall. Panaskan selama 15 menit dengan api kecil. Balik, panaskan lagi dengan api kecil selama 15 menit. Kemudian balik happy call seperti posisi semula, besarkan api dan masak selama 15 menit supaya ada efek gosong, kalau suka ada efek gosongnya.

Mencium harumnya bau ayam panggang ini seketika itu juga mengingatkanku akan masa kecilku yang alhamdulillah menyenangkan, menggembirakan, dan hiks...kok jadi ingat rumah ya, ingat sama mama (yang sekarang dah jarak masak karena cuma ber-2 aja sama papa di rumah karena ank-anaknya pada terbang semuanya dari rumah).


Ini Nadya sedang menikmati ayam panggang ala Mama-ku. 2 potong paha atas dan 1 paha bawah dihabiskan malam itu. Kata Nadya sih enak. Semoga sharing resep warisan dari mama-ku ini bermanfaat untuk yg lain.

UPDATE :

Ayam panggang merah ala mama-ku ini sekarang lagi jadi top hits di rumah :)
Bahkan pas Nadya ultah tgl 5 Desemeber kemarin dia minta ayam panggang merah ini (bukan birthday cake).

Beberapa kali aku buat dengan variasi yang membuat ayam panggang ini makin dicinta di rumah antara lain :

1. Pakai ayam utuh yg dibelah bekakak

2. bumbunya dibanyakin, jadi selain makin meresap juga makin enak. Jadi kalau standard dari mama 5 siung bawang putih, kalau ala aku jadi 7 siung. Mungkin ntar aku buat ayam panggang ala rina rinso aja hehehe..

3. di rendam semalaman, simpan di lemari es.

Variasi di atas membuat ayah tidak segan memuji ayam panggang ini memang istimewa. Trus dari Nadya ayam panggang ini dapat bintang 5.

Alhamdulillah...

Sok silahkan dicoba resepnya ya.
Ini adalah ayam yang sudah dimasak dengan happy call. Sudah matang dan sudah bisa dimakan, cuma biar lebih enak biasanya ayam ini aku bakar di atas api supaya ada efek gosong dan menurut mas Tras rasanya lebih enak.

1 comments:

Anonymous said...

tak pakai bawang merah ea kak rina?

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino