Cakalang Fufu Jagung Manis

Monday, September 28, 2020

Cakalang fufu jagung manis ini rasanya.... persis seperti yang aku ingat kalo makan di Pingkan, salah satu gerai yang menjual masakan Manado. Jadinya aku seneng banget. Sudah puluhan purnama aku gak makan di Pingkan, karena di Depok ga ada. Kalau di Depok aku ke Bobara, resto masakan Manado di Margonda.

Mencari resep dengan bantuan Google memang sangat membantu, tapi kadang gak sesuai selera. Begitu juga dalam pencarian masakan untuk mengolah cakalang fufu. Pas mataku tertuju pada blog (yahh aku memang masih generasi jadul yg lebih percaya dengan blog, apalagi kalau kenal dengan penulisnya) masakanan cakalang fufu jagung manis, aku langsung berhenti di situs itu. Resep bersumber dari Primarasa Femina (yang aku cocok dengan taste dari resep-resepnya) dan ditulis Vania, seorang blogger, food fotografer yang aku kenal (semoga Vania masih inget sama aku heheh). Maka akupun mulai meracik sesuai resep. Bumbunya aku usahakan sesuai dengan yang tertulis, tapi untuk bahan yang lain terpaksa menyesuaikan yang ada. Dan betul, saat mulai menumis bumbunya, alamaaakkkk baunya udah seperti makan di Pingkan. Alhamdulillah. Dan suami udah request, lain kali pakai bunga pepaya sebagai ganti jagung. 





Cakalang Fufu Jagung Manis


Sumber : v-recipes.blogspot.com/2010/06/cakalang-fufu- jagung-manis.html

Primarasa "Makanan Enak Cara Manado"


Bahan :

150 g ikan cakalang asap

75 g buncis, siangi, cuci bersih (aku gak pakai)

3 sdm minyak untuk menumis

2 cabe merah besar, iris tipis (aku gak pakai)

3 batang daun bawang, iris 2 cm

8 lembar daun jeruk

175 g jagung manis butiran/pipil (aku 2 jagung manis dipipil)

150 ml air

50 g daun kemangi

1 sdm air jeruk nipis/lemon cui (aku pakai jeruk nipis)

.

Bumbu :

125 g bawang merah

6 cabe merah keriting

2 cm jahe

1 batang serai

1 sdt garam

.

Cara membuat :

1. Suwir-suwir kasar ikan cakalang asap ataubiris-iris kecil, sisihkan. Iris serong buncis 1/2 cm.

2. Bumbu : campur bawang merah, dan cabe merah, tumbuk kasar. Masukkan serai, jahe, dan garam. Gerus hingga tercampur, sisihkan. (Aku pakai food processor)

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu hingga harum. Masukkan cabe iris, daun bawang, daun jeruk, aduk sebentar.

4. Tambahkan ikan cakalang, buncis, dan jagung. Aduk rata.

5. Tuang air, aduk dan masak hingga seluruh bahan cukup matang. Masukkan daun kemangi dan air jeruk. Setelah daun kemangi agak layu, angkat. Hidangkan.




0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino