Pempek Ikan Tengiri

Monday, September 23, 2013



Salah satu camlan favorit di rumah.

Setelah makan pempek asli dari Palembang (baik nitip maupun dapat oleh-oleh) rasanya berbeda sekali dengan yang dijual di Depok, akhirnya jadi males deh beli pempek.
Trus akhirnya aku berkesempatan kursus dan belajar buat pempek, akhirnya tahu kalau sebetulnya bisa aja buat pempek sendiri.

Supaya gak kecewa dengan hasilnya,pertama aku coba pempek dos alias pempek yg ga ada ikannya (isinya cuma tepung terigu, tepung sagu, garam kaldu bubuk, merica dan telur). Ternyata hasilnya gak mengecewakan. Secara bentuk sudah meyakinkan deh hehehe. Tapi menurutku tetep aja rasanya rasa tepung. Trus terbayang sepertinya kalau ada ikan pasti jauh lebih enak.

Dulu di jaman saat kost di Tubagus Ismail bandung pernah buat pempek sama mbak Ikun, tapi dah lupa gimana cara dan rasanya. Nah kali ini aku buat pempek setelah melihat resep yg beredar di internet plus yg aku dapat saat kursus



Ini resepnya kutulis di sini

Pempek Ikan

Bahan :
350 - 400 gr daging ikan tengiri (diambil dari 500 gr ikan tengiri, setelah diambil dagingnya ternyata beratnya segitu itu)
280 gr tepung sagu (bagi jadi 2 bagian, 230 dan 50 gr)
175 ml air
2 sdt garam
1 1/2sdt merica
1 sachet kaldu bubuk
2 siung bawang putih 

Cara membuat :
Haluskan daging ikan tengiri, campur dengan air dan bumbu-bumbu. Caranya masukkan ke dalam food processor. Campur hingga daging halus.

Pindahkan ke wadah lain, dan campur dengan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata (yg digunakan 230 gr tepung sagu saja). Adonan akan sedikit lengket tapi gak masalah.

Cara membentuk adonan, ambil sejumlah adonan, kemudian masukkan ke dalam sisa tepung sagu dan baru bentuk adonan.

Kemudian rebus di dalam air mendidih dan angkat saat matang. Untuk pempek kapal selam waktunya sekitar 30 menita, supaya telur di dalam adonan juga matang.

Angkat pempek yg sudah matang dan lumuri minyak supaya tidak lengket satu sama lainnya.

Saus cuko-nya masih belum ketemu yang pas nih, jadi belum di posting yg bener ya, tapi kemarin bahannya :

Gula aren
Asam
Garam
Bawang Putih
Cabe rawit

Udah ya,selamat mencoba

1 comments:

Tas Mordiva Bags said...

lihat fotonya saja sudah tampak lezat.. yummy.. :D

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino