Rainbow Bubble Drink

Thursday, August 30, 2012

Kebetulan bulan ini mesti setor resep buat DAAI-TV jadi tema rainbow atau pelangi aku angkat. Tapi sayangnya banyak resep-ku yang bertema rainbow di tolak karena menggunakan bahan pewarna makanan (pewarna makanan lho ya bukan pewarna tekstil). Kecewa sih pasti tapi gak usah berlarut-larut deh. Jadi akhirnya aku sertakan resep ini untuk memeriahkan Rainbow Weeks di milis NCC.

Minuman ini termasuk populer di kalangan anak-anak muda. Dan disambut oleh produsen minuman untuk membuat racikan dalam bentuk serbuk. Serbuk itu kalau dicampur dengan air dan es batu kemudian di blender, akan menghasilkan minuman yang mirip dengan minuman bubble tea atau bubble drink yang banyak dijual di stand-stand yang ada di sekitar mall, atau upermarket. Tapi sayang belum ada yg bisa menyediakan "pearl" atau bubble yg warna hitam (biasanya) pada minuman itu.

Dari hasil googling aku dapat tips cara membuat "pearl" nya itu, cuma tapioka/kanji dan air plus pewarna. Praktis ya. Tinggal praktek-nya aja.





Rainbow Bubble Drink

Bahan Bubble

50 gr air matang untuk membuat adonan
50 gr tepung tapioka
2 tetes pewarna makanan (aku pakai koepoe-koepoe warna merah, biru, dan kuning. dari 3 warna itu bisa jadi juga warna jingga/oranye, hijau, dan ungu)
300 ml air untuk merebus bubble

Cara membuat :
1. Didihkan 50 gr air, beri tambahan pewarna, kemudian masukkan ke dalam tepung tapioka, Aduk rata hingga adonan dapat di pulung.
2. Bulat-bulatkan adonan.
3. Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan butiran-butiran tapioka. Begitu butiran tapioka mengapung segera angkat, sisihkan.

Cara itu di gunakan untuk 1 macam warna, jadi kalau ingin membuat 6 macam warna sebaiknya memang mengulang proses itu sebanyak 6 kali.
Kenapa ? karena dari hasil uji coba lebih mudah memberi warna pada tepung tapioka dengan air yg berwarna, daripada adonan tapioka sudah jadi dan baru kita beri pewarna. Percayalah !

Cara membuat bubble drink
1. Ambil blender, kemudian isi dengan es batu dan air sesuai dengan apa yg tertulis dalam kemasan minuman serbuk bubble. Kemudian beri serbuk minuman dan blender.
2. Ambil 1-2 sendok makan bubble rainbow, masukkan ke dalam gelas saji.
3. Tuang minuman bubble ke dalam gelas saji yg sudah berisi bubble rainbow. Minuman siap di sajikan.

Selamat menikmati.

1 comments:

david r said...

♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPPP mbak, sudah di pasarkan belum produknya?

Post a Comment

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino