Karagee ala rina rinso

Tuesday, June 30, 2009

Mau sharing lagi nih....
Ini lauk yang praktis banget cara membuatnya. Bahannya sederhana. Waktu pembuatan tidak lama. Tapi rasanya nikmat lho (kata anak-anak).
Nadya bilang ini ayam goreng tepung bunda, terus bbrp hari yg lalu nyobain karegee yg sudah jadi (merek So Good) dan tiba-tiba Nadya ingat sama ayam goreng tepung bunda. Jadilah sekarang lebih baik bikin karagee sendiri daripada beli yang sudah jadi/beku.

Bahannya tidak banyak dan tidak pakai ribet.


Karagee ala Rina rinso

Bahan :



1. Fillet ayam (lebih baik bagian paha karena menurutku lebih juicy, tapi kalau suka dada ayam ya ga pa pa, seperti Nungki adikku kalau gak ada dada ayam dia makan telur rebus juga ga pa pa daripada makan paha ayam hehehe...peace ya Nung..)

2. kecap ikan/fish sauce

3. telur ayam 1 butir, kocok lepas

4. tepung tapioka/kanji


Cara membuat :


1. rendam pillet ayam dengan kecap ikan. seberapa banyak kecap ikannya ?? kira-kira segitu tuh, yang ada di foto atas itu. Merendamnya jangan terlalu lama, cukup 15 menit, karena kalau terlalu lama nanti ayamnya terlalu asin. Oh iya kecap ikan ini cita rasanya memang asin, jadi gak usah kaget ya.


2. celupkan potongan ayam fillet ke dalam kocokan telur.


3. setelah di celupkan ke dalam telur, selanjutnya daging ayam di gulingkan ke dalam tepung tapioka/kanji sampai rata. jangan sampai ada bagian yang tidak terkena tepung kanji.


4. setelah semua potongan ayam sudah digulingkan ke dalam tapioka kemudian digoreng. Tips dan triknya di sini ; menggoreng ayam jangan terlalu lama, maksimal 10 menit. karena semakin lama digoreng makan nanti daging ayam tidak juicy lagi. nantinya kering dan menurutku kurang enak dan keras. kalau digoreng asalkan matang (sekitar 5-7 menit) daging ayam masih empuk, juicy dan menurutku sih enak.


5. karagee ala rina rinso sudah siap disantap.

Karagee ini selain dimakan langsung dengan saus tomat atau saos sambal bisa juga dijadikan isian untuk capcay, koloke (kuluyuk) atau tumis-tumisan. tapi masukkan ayamnya sesaat sebelum diangkat supaya daging ayam tetap empuk dan juicy.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino