Bread Maker Kenwood BM256, mainan baru.

Tuesday, August 21, 2012


Alhamdulillah di bulan Syawal 1433H ini aku punya mainan baru, hasil dari angpau unjung-unjung lebaran hahaha. Bread maker atau alat membuat roti. Dengan alat ini mikser kitchen aid-ku bisa beristirahat sejenak bertugas menguleni adonan roti (tapi tetap dipakai buat nge-mikser telur dan gula ya ser..). 

Bread maker ini memang jadi salah satu wish list-ku. Makanya beryukur alhamdulillah banget akhirnya bisa mendapatkannya. Meski suami sedikit mengernyitkan dahi (karena biasanya kalau ada 1 barang masuk rumah, maka harus ada barang lain yg keluar, untuk mengantisipasi makin penuh sesaknya rumah dengan barang yang kurang maksmal pemanfaatannya) tapi akhirnya bisa juga tersenyum melihat hasil dari bread maker ini, alhamdulillah.



Keuntungannya adalah, saat nguleni adonan roti gak perlu ditunggu. Selama ini yg aku lakukan dengan mikser kitchen aid-ku adalah memasukkan semua bahan, kemudian membiarkan mikser-ku bekerja nguleni adonan, sambil sesekali aku lihat hasilnya. Kalau aku rasa sudah cukup kalis elastis maka adonan aku angkat, tapi kalau adonan belum kalis ya balik lagi si mikser bekerja. Kalau adonan sudah kalis elastis langkah berikutnya adalah memproofing atau meng-istirahatkan adonan supaya ragi bisa bekerja. Supaya proofing bisa berlangsung aman biasanya aku letakkan di oven, trus aku kasih air mendidih. Uap dari air mendidih itu akan menghangatkan ruangan oven sehingga ragi bisa bekerja memfermentasi adonan. Kalau adonan sudah naik 2 kali lipat baru deh aku olah roti menjadi keinginanku. Mau dibuat roti isi keju, roti boy,, roti tawar, dll. Trus biasanya di proofing lagi dan terakhir baru di oven.

Bekerja dengan bread maker menyederhanakan langkah kerja yang aku sering lakukan. Bahan-bahan aku masukkan ke dalam kom-nya, kemudian masukkan kom ke bread maker, pencet tombol sesuai dengan program yg kita inginkan, pencet tombol start dan kemudian setelah itu bisa ditinggal pergi :) hehehe yaa minimal bisa 1,5 jam pergi tanpa rasa khawatir roti akan over fermentasi atau adonan belum kalis elastis. Untuk membuat roti manis aku setel sampai "dough" saja. nanti begitu sudah selesai sampai tahap dough baru adonan aku bentuk dan istirahatkan lagi dan terakhir masuk oven. Tapi kalau mau buat roti tawar lebih mudah lagi, tinggal masukkan semua bahan dan tunggu 3,5 jam kemudian maka dari bread maker ini akan keluar sebongkah roti tawar yang siap santap :)


Dalam 1 paket box Bread maker Kenwood BM256 ini dilengkapi juga dengan buku manual termasuk resep-resep yang bisa digunakan, tapi hingga percobaan ke-3 ini aku masih menggunakan resep yang biasa aku gunakan. Bukannya bandel atau sok keminter, tapi memanfaatkan otentic dolce yang sudah tertimbun di freezer sejak jaman dahulu.

Jadi untuk sementara ini dulu informasi mengenai bread maker si kotak ajaib yang sekarang menjadi salah satu mainan baruku. Info selanjutnya akan aku tulis lagi kapan-kapan.

Sekilas Info BM256 :
  • daya : 480 watt 
  • 12 program (basic, french, wholewheat, sweet, gluten free, packet mix, cake, dough, pasta dough, jam, bake, rapid bake button). Untuk waktu normalnya 3.5 jam tetapi dengan rapid bake bisa 1 jam saja. 
  • delay timer (memasukkan bahan-bahan di malam hari dan tiba-tiba pagi jam 7 sudah ada roti tawar matang yg harum keluar dari bread maker)
  • Ada pilihan untuk 500 gr, 750 gr, dan 1000 gr adonan. Jadi maksimal 1 kg adonan atau sekitar 500 gr terigu.
  • harga 1,95 juta (harga terbaru)
Dalam dus-nya dilengkapi dengan gelas ukur dan sendok takar






Keterangan :
1. box bread maker
2. gelas ukur
3. sendok takar
4. loyang/kom
5. kneader/alat buat nguleni

kalau melihat dari penampakan kneader-nya tampak kecil tak berdaya nguleni hehehe tapi ternyata bisa lho nguleni 1 kg adonan dengan mantap dan hasilnya roti yg empuk dan lembut (aku buat cinnamon roll).

Semoga informasi ini bermanfaat. kalau ada pertanyaan bisa kirim e-mail ya, semoga aku bisa membantu.


15 comments:

azzah said...

Mbak rin. Beli breadmakernya dimana ya? Syukron

butterfly said...

Bm 256 ini bs utk bwt yoghurt g?

Eko Dech said...

saya baru beli mesinnya mbak tapi malah bingung gimana cara pakainya he he he maklum gaptek, nanya-nanya cara makainya bole ngak mbak, atau mbak punya referensi situs apa gitu ?....

Rina Rinso said...

@ Butterfly : kayaknya ga bisa

@ Eko Dech : bingung kenapa ? Ntar ak posting resep roti tawar dengan menggunakan bread maker ini ya.

Rina Rinso said...

@ Eko Dech : aku sudha posting tuh resep roti tawar dengan bread maker, ada di http://ala-rinarinso.blogspot.co.id/2016/02/roti-tawar.html

yani said...

Mba.. gimana sih caranya kalau mau setel mesinnya untuk sampai dough aja? Aku baru beli tp baca di manual kok ga ada yg sampe dough aja ya..

Rina Rinso said...

@Yani : pakai program nomer 8 ya untuk sampai dough aja.

Unknown said...

Halo mbak, salam kenal. Saya sedang cari review bread maker ini smp akhirnya berlabuh di blog mbak 😁 Saya lihat postingan mbak th 2012, boleh tau apakah bread makernya msh awet? Belum pernah pake merk kenwood jadi saya masih ragu. Terima ksh byk sebelumnya :)

Rina Rinso said...

@Diana Itjin : masih bagus kok breadmaker ku, di postingan thn 2016 ada kok membuat cinamonn roll dengan bread maker ini :)

Sh said...

Bagaimana cara nyetel delay timernya ya.udah 2x buat gagal terus

Sh said...

Bagaimana cara nyetel delay timernya ya.udah 2x buat gagal terus

Anonymous said...

Bagaimana cara nyetel delay timer.udah 2x nyoba gagal trus.

Unknown said...

Haloo... aku coba bikin roti rawar, trus pas dikeluarin, kneadernya ada di dlm roti, waduuhh ada yg salah kah? Hihi ga ngerti

Unknown said...

Mau dong resepnya

rina sofiany rinso said...

@Hermin Belo Alloreung, ini link resepnya yahttps://ala-rinarinso.blogspot.com/2016/02/roti-tawar.html

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino