Modeling Chocolate atau Coklat Modeling

Sunday, November 29, 2009



Cake coklat yang dilapis dengan coklat ganache atau Triple Chocolate Cake (TCC) adalah menu hit-nya Dapur Pochopa. Soalnya rata-rata anak-anak kan memang suka coklat.

Cake yang sudah enak, moist, gak seret di tenggorokan yang dilapisi dengan ganache coklat tentu menambah rasa yang hmmmm wuenak ;)

Tapi sayang cake dengan coklat untuk anak-anak kurang menarik karena warnanya terkesan "dull". Untungnya ada edible image yang bisa menaikkan pamor cake TCC ala dapur pochopa. Namun tetap saja pernak-pernik hiasan sebuah birthday cake kurang meriah kalau warnanya tidak khas anak-anak yang cerah ceria.

Kalau menggunakan coklat moulding sebagai hiasan kendalanya adalah kepentok dengan cetakan coklat, sehingga bentuk-betuknya menjadi terbatas. Kemudian terbersit ide untuk mencoba coklat modelling sebagai salah satu bahan untuk hiasan TCC.

Contoh penggunaan coklat modelling adalah pada 2 cake di atas. TCC yang sarat dengan coklat tidak bisa bersatu mesra dengan fondant yang punya sifat lentur yang mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Coklat ganache yang cinta kondisi dingin lemari es bertolak belakang dengan fondant yang bermusuhan dengan kulkas. Maka jadilah coklat modelling sebagai solusi untuk menghias TCC.

Akan tetapi sayang sekali keberadaan coklat modeling tidak seperti fondant. Kalau fondant mudah didapatkan di toko bahan kue, maka tidak begitu hal-nya dengan coklat modeling. Jadinya mau tidak mau mesti membuat sendiri bahan untuk coklat modeling.

Setelah browsing di dunia maya aku menemukan resep membuat coklat modeling yang cukup praktis (biasalah...trade mark-nya rina rinso kalau ada yg mudah dan enak kenapa mencari yang sulit ?) Bahannya tidak neko-neko dan waktu pembuatannya juga singkat, tetapi hasilnya (menurut anak-anak level 3 atau level kelasnya Nadya) patut dipujikan, dibandingkan dengan fondant. Resepnya aku dapatkan disini. Coba dilihat deh, mudah diikuti kan. Kalau masih bingung atau ragu-ragu, di bawah ini ada contoh pembuatan coklat modeling yang kebetulan aku buat kemarin.


Coklat Modeling ala kadarnya




Bahannya : coklat dan glukosa (soalnya aku gak punya light corn syrup, tp baca di resep lain glokusa bisa dipakai, jadinya ya aku pakai glukosa aja).

Di mangkok yang warna pink itu coklat dan yang bening di sebelahnya itu glukosa.

Untuk coklat modeling dari dark cooking chocolate :
200 gram dcc (dark cooking chocolate)
1/4 cup (60 ml) glukosa

Untuk white chocolate atau coklat yang sudah diwarnai atau yang ada warna dan rasa :
200 grams coklat putih
1 1/2 - 2 sendok makan glukosa

untuk jenis coklat yg lain klik di epicurious-nya langsung aja ya.




Caranya membuatnya : coklat dilelehkan. Bisa dengan cara di tim atau yang super duper praktis adalah pakai microwave.




Setelah coklat menjadi cair/leleh masukkan glukosa sesuai takaran ke dalam coklat cair. Aduk rata.

Hasilnya akan seperti di atas, berminyak. Tapi tidak apa-apa. teruskan saja sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian setelah itu masukkan ke dalam lemari es/kulkas sampai mengeras atau sekitar 2 jam.

Setelah keluar dari kulkas coklat modeling ini siap diuleni. Karena keras banget mungkin nguleni-nya sedikit demi sedikit saja.

TETAPI kalau gak sabaran seperti aku dan ingin nguleni dengan cepat caranya panaskan coklat modeling di microwave sekitar 5-10 detik, asal hangat aja, nanti akan mudah kok di uleni.

Oke deh. Selamat membuat.

UPDATE :

Aku membuat figurin di bawah ini dengan coklat modeling









untuk tips dan trik yg lebih lengkap mengenai coklat modeling ini bisa di lihat di link http://www.hungryhappenings.com/p/chocolate-making-tips.html

Puding Coklat ala Rina rinso

Friday, November 27, 2009

Kalau ibu super duper sibuk, tidak punya asisten yang bisa diminta tolong, tapi ingin membuat puding coklat untuk di rumah, bisa dicoba reseppuding coklat ala kadarnya ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi yang tidakmau terlalu repot dan ribet maka jadilah puding coklat ini puding andalan di rumah. Bahkan Nadya juga bisa membuat puding coklat ini.





Puding Coklat ala rina rinso

Bahan :
1 L susu cair coklat favorit anak (bisa ultra, indomilk, atau diamond, atau yg lainnya).
1 bungkus agar-agar

Cara membuatnya :
  • Tuang susu coklat ke dalam panci. Masukkan agar-agar. Aduk rata. Jangan sampai ada bubuk agar-agar yang menggumpal.
  • Masak hingga mendidih.
  • Tunggu hingga uap panasnya berkurang. Masukkan/tuang ke dalam cetakan.
  • Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es. Siap dihidangkan.


Mudah dan praktis bukan..??

Kenapa 1 Liter susu ?
Karena susu yang ada stok di rumah itu susu kemasan 500 ml dan 1 liter. Sementara kalau menurut resep di belakang bungkus agar-agar cairan yg dibutuhkan 700 ml. Kalau aku pakai 700 ml berarti ada sisanya kan sayang, jadi untuk praktisnya aku tuang semuanya ke dalam panci untukmembuat puding :)

Kenapa pakai susu cair coklat ?
Karena biasanya susu coklat begitu kan sudah manis, jadi gak perlu repot menambahkan gula atau bahan lain untuk menambah rasa manis. Aku sudah merasa pas dengan manisnya susu coklat.

Selamat membuat.

Spaghetti bola daging

Sunday, November 22, 2009

Ternyata daging cincang yang sudah dibumbuin untuk patty-nya burger masih ada :(
Dibuat untuk sus burger sudah, ehhh ternyata masih banyak sisanya.
Akhirnya malam ini menunya spaghetti bola-bola daging.



Spaghetti Bola Daging




Bahan :

spaghetti, rebus aldente
sisa daging cincang untuk patty burger, dibentuk bulat sebesar kelereng kemudian goreng sebentar.
daging cincangnya dibumbuin seperti di sini.

Bahan saus :

5 buah tomat, cincang kasar
1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
3 lembar bay leaf
1 sdt oregano
1 sdt thyme
3 sdm saus tomat/ketchup
garam, merica, dan gula pasir secukupnya.
750 ml air
minyak untuk menumis


Cara membuat :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian masukkan tomat cincang. Masak hingga keluar air. Masukkan bay leaf, oregano, dan thyme. Kemudian tambahkan air. Rebus hingga tomat lunak.
2. Masukkan saus tomat. Aduk rata.
3. Kemudian masukkan daging cincang. Masak sampai kuah tinggal sedikit.
4. Terakhir masukkan garam, merica dan gula pasir. Icip-icip. Kalau sudah pas angkat dan sajikan dengan spaghetti yang sudah dimasak.




Oke Nadya, makan malamnya sudah matang dan sudah di foto sama bunda. Selamat menikmati.

Choux everywhere

Saturday, November 21, 2009

Last day of NCC soes week I post these photos for my friends all around the globe (hiya....GR banget).

Udah deh selamat menikmati ya


Ada choux-split


Sus isi krim coklat.
Fillingnya ganache ala rina rinso 1 : whipped cream 1
Soalnya kalau pakai ganache aja terlalu "berat" sedangkan yang ini konsumsinya untuk anak-anak jadi aku tambahin pakai whipped cream. Dan hasilnya...wowwww...emang lebih pas kalau cream-nya seperti ini.

Sus burger.
Untuk patty-nya aku pakai resep ala aku.

Sponge Cake Coklat

Wednesday, November 18, 2009

Gambar cake yang ada di bawah ini berbahan dasar sponge cake coklat. Ada yg dihias dengan whippedcream, dengan ganache, atau dengan buttercream. Fillingnya tetap ganache coklat ala rina rinso.

Kalau ada yg bertanya aku pakai resep apa, aku jawab resep favoritku adalah sponge cake-nya Yongki.




Sponge cake coklat jenis ini langsung menjadi favoritku saat icip-icip pertama kali di acara tour de toko milis NCC th 2005-an. Selain rasa coklat bisa juga diganti jadi rasa lain seperti vanila, jeruk, strawberry, mocca, pandan dan rasa lain yang gak pernah bisa aku bayangkan.

Tekstur cake-nya lembut dan ringan tapi gak seret di kerongkongan adalah salah satu alasan aku menjadikan cake ini sebagai cake dasar. Tanpa simple sirup rasa cake ini udah jempol deh.

Resepnya juga awalnya dapat dari mbak Fatmah di milis dengan nama cake dasar coklat yang didapat dari Yongki (jauh sebelum ada tour de toko). Ada sedikit sekali bahan yang aku ganti atau hilangkan karena disesuaikan dengan seleraku. Resep aslinya sendiri sudah aku ketik dan ada di sini.

Selamat mencoba dan kalau sukses kirim aku sepotong cake ya ;)



Sponge Cake Coklat ala rina rinso

Bahan :
180 gr gula pasir
7 butir telur antero (kurang lebih 350 gr)
8 butir kuning telur
1 sdt penuh emulsifier

Diayak jadi 1 :
100 gr terigu (segitiga biru atau kunci biru)
26 gr maizena
26 gr coklat bubuk

Campur jadi 1 :
170 gr mentega atau margarin atau gabungan keduanya, dicairkan
1 sdm susu kental manis

Cara membuat :
1. Panaskan oven. Siapkan 2 loyang 24 x 24 x 4, olesi dengan carlo dan lapisi dengan kertas roti kemudian oles sekali lagi dengan carlo
2. Kocok dengan mikser gula dan telur. Setelah berbusa masukkan emulsifier. Kocok kembali hingga adonan putih, kental, dan berjejak (kalau mikser dijalankan akan meninggalkan jejak, artinya adonan sudah kental).
3. Masukkan bahan kering yg sudah di ayak ke dalam adonan telur. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk balik.
4. Setelah adonan kering tercampur rata, selanjutnya masukkan campuran mentega/margarine dengan susu kental manis ke dalam adonan. Masukkan seidkit demi sedikit sambil diaduk balik.
5. Setelah adonan tercampur rata masukkan ke dalam loyang.
6. Panggang dengan suhu 180 derajat celsius (ingat..kenali oven dengan baik, bisa jadi di ovan anda kurang atau lebih dari segitu suhu yg diperlukan) selama kurang lebih 25 menit.
7. Setelah di tes tusuk dan matang, cake siap di hias, atau dipotong-potong dan dimakan sudah enak kok.


keterangan :

antero : maksudnya whole, kuning dan putih telur digunakan.

mentega : atau butter, misalnya anchor, orchid, elle and vire, dll, bahan dasarnya susu

margarin : misalnya blueband, forvita, filma, dll bahan dasarnya tumbuh-tumbuhan

emulsifier : bahan membentuk emulsi dalam adonan ini, supaya adonan bisa tercampur jadi 1 dan kental. contohnya adalah ovalet, sp28, tbm. starkies, dll.

carlo : pengoles loyang, bentuknya cair dan putih seperti susu kental, sebagai pengganti lemak untuk mengoles loyang. selain carlo ada merek lain kalau gak salah palmia.

Ayam Ganemo


Ini resep dari Saji dengan tajuk Kreasi orang Sulawesi Utara. Berhubung aku lagi suka makanan manado jadi aku cobalah resep yg ada di tabloid itu. Enak, cuma tidak dapat bintang 5 :)
Tapi siapa tahu ada yang berminat. Ini resepnya aku tulis di sini, sekalian buat arsipku daripada mesti membongkar tumpukan tabloid ;)



Ayam Ganemo
Untuk 10 buah

Bahan :
1 ekor ayam, potong jadi 10 bagian (kalau aku sih paha semuanya kira-kira 2 pasang hehehe)
25 gr daun melinjo, potong (kalau aku dibanyakin, karena aku suka melinjo, hati-hati yg punya asam urat ya)
4 tangkai kemangi, dipetiki
4 batang daun bawang, potong 1 cm
3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
8 lembar daun jeruk, ambil tulangnya sobek-sobek
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
300 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu, tumbuk kasar :
12 cane hijau besar
8 butir bawang merah

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan 1/2 sdt garam dan 1 sdt air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun bawang, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tmbahkan ayam, aduk sampai ayam berubah warna.
3. Masukkan air, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. tambahkan daun melinjo. Masak sampai layu.
4. Menjelang diangkat masukkan daun kemangi. Aduk rata.

Rica Rodo

Monday, November 16, 2009

Ini salah satu makanan yang membuatku bertekuk lutut mau makan terong :))

Gak tahu kenapa aku gak seberapa nge-fans sama terong. Trus abis mencoba jenis sayur ini haduhhhh meski ada terong tetep aja aku sikat sampai habis.

Rica rodo buatan Bobara (Jl. margonda raya Depok) adalah favoritku, karena baru dimasak sesaat setelah kita pesan jadi frsh gitu. Cuma kalau kepingin rica rodo trus beli melulu bisa jebol nih kantongku, jadi akhirnya aku coba buat sendiri. Kebetulan di Saji ada resepnya. Rasanya sih lumayan, belum seenak di Bobara tapi aku juga gak akan kapok mengulang buat sendiri dengan resep ini. Selamat mencoba.





Rica rodo
Untuk 5 porsi

Bahan :
1 buah jagung manis, disisir
2 buah terong ungu, dipotong-potong
6 lonjor lacang panjang, potong 3 cm
25 gr daun melinjo
1 batang daun bawang dipotong 1/2 cm
2 tangkai daun kemangi (kalau aku sih lebih, soalnya suka harumnya)
1 batang serai. ambil putihnya, memarkan
4 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya, sobek-sobek
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
150 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
6 buah cabe rawit merah
1 cm jahe
1/2 sdt terasi, dibakar

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga harus. tambahkan jagung manis, terong, dan kacang panjang. Aduk sampai layu.
2. masukkan air, garam, dan gula pasir. masak sampai matang. Tambahkan daun melinjo, daun bawang, dan daun kemangi. Aduk rata. Sajikan.

Roti Abon ala rina rinso

Sunday, November 8, 2009

Banyak abon di rumah nih, kiriman dari mama sebelum ramadhan kemarin (ihik...kasih ibu memang sepanjang masa. Meski anaknya udah tuwek kaya' aku gini masih aja sering dikirim-kirimin sesuatu yg sebetulnya di Depok juga ada). Ayah request bikin roti abon aja untuk memanfaatkan abon. Oke siap deh ayah.

Resepnya diambil dari buku Sedap Sekejap variasi roti dengan sedikit modifikasi.

Hasilnya...hhmmmm enyak enyak enyak.. cobain deh.




Roti Abon ala rina rinso

Bahan :

Untuk roti
400 gr terigu cakra
100 gr terigu segitiga
2 1/2 sdt ragi
4 gr bread improver
20 gr susu bubuk
100 gr gula
3 butir kuning telur
275 cc susu cair dingin
75 gr mentega
1 1/2 sdt garam

Untuk olesan :
mayones
susu kental manis
abon

Cara membuat :

Roti :
1. Campur terigu cakra dan segitiga biru, gula, ragi instan, bread improver, susu bubuk, dan telur. Aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Setelah rata masukkan mentega dan garam. Uleni.

2. Uleni adonan hingga kalis. Setelah kalis timbang adonan bagi menjadi @ 60 gr dan bulatkan. Istirahatkan selama 10 menit.

3. Setelah di istirahtkan, gilas dan bentuk adonan. Untuk roti abon bentuk lonjong. Atau bisa juga langsung diberi isian. Setelah seelsai dibentuk isitrahatkan selama 75 menit.

4. Setelah 75 menit olesi permukaan roti dengan telur (paling bagus pakai susu evaporasi) kemudian panggang dengan suhu 190 celsius selama kurang lebih 15 menit hingga roti matang.

Olesan :

Campur mayones dengan susu kental manis sesuai selera. Kalau suka agak asem berarti susu kental manis-nya sedikit saja.

Penyelesaian.

Roti yg sudah matang di olesi dengan bahan olesan kemudian taburkan abon di atasnya.

Bahan roti : untuk 17 - 18 buah

Dapurnya Rina Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino